Tetap Profesional di Kantor Meski Suasana Hati Sedang Buruk

1200x628 (12)

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Setiap manusia punya reaksi dan cara yang berbeda-beda dalam menghadapi masalah, dan umumnya masalah juga akan mengganggu suasana hati. Meski demikian, ketika sedang berhadapan dengan pekerjaan, ada satu hal yang mutlak harus dijaga oleh setiap orang meski suasana hatinya sedang kurang baik, yaitu profesionalitas.

Nah, agar Anda tetap profesional di kantor meski suasana hati sedang buruk, coba lakukan lima hal berikut:

1. Atur napas

Olahraga pagi sebelum memulai aktivitas di kantor dapat mendatangkan banyak manfaat.  Namun jika Anda tak punya cukup waktu, paling tidak awalilah hari Anda dengan mengatur napas sambil memejamkan mata guna mengendalikan hati dan pikiran. Begitu juga saat tiba di kantor. Lakukanlah hal ini setiap kali pikiran negatif datang menghampiri Anda.

2. Komunikasikan dengan rekan kerja

Biarkan rekan kerja Anda tahu bahwa suasana hati Anda sedang kurang baik. Bukan agar diberikan toleransi atas beban kerja Anda, tapi paling tidak mereka memahami kondisinya dan tak akan mencoba memberatkan Anda dengan hal-hal lain di luar pekerjaan. Ingat, profesionalitas Anda tetap merupakan tanggung jawab Anda.

3. Sulap menjadi energi positif

Jika Anda sedang merasa marah, gunakanlah kemarahan tersebut sebagai penggerak Anda untuk mengambil tindakan. Misalnya, untuk membuat perubahan di dalam perusahaan. Apabila sebelumnya Anda ragu menyampaikan pendapat pada atasan serta takut mengambil risiko, maka emosi yang sedang Anda rasakan ini dapat menjadi sumber motivasi yang baik.

4. Buat catatan kecil

Akali suasana hati yang sedang kacau dengan sticky note yang ditempelkan di area meja kerja Anda. Anda bisa menempelkan pesan berisi reminder di sudut atas layar komputer untuk mengingatkan Anda agar selalu tersenyum saat bertemu klien, atau menempelkan catatan yang mengingatkan Anda untuk berbicara santun di atas telepon. Jika perlu, Anda juga bisa menempelkan catatan lainnya di laci meja untuk mengingatkan Anda agar selalu semangat dalam bekerja. Meski sederhana, tindakan ini dapat menjaga keseimbangan pikiran Anda.

5. Keluar kantor

Jangan paksakan diri Anda apabila suasana hati masih tak kunjung membaik. Saat jam istirahat, carilah udara segar di luar kantor, atau jika memungkinkan, mintalah izin pada atasan untuk meninggalkan ruangan selama beberapa saat di sela-sela pekerjaan. Lebih banyak bergerak dan melihat-lihat pemandangan baru bisa membantu Anda melepaskan energi negatif dalam diri Anda.

Di sejumlah perusahaan, suasana hati yang buruk dapat diatasi dengan mudah karena dibantu oleh beragam fasilitas yang disediakan perusahaan. Fasilitas olahraga dan hiburan misalnya, bisa menjadi sarana bagi Anda untuk meluapkan emosi secara positif dan memperbaiki suasana hati. Berikut salah satu contoh perusahaan yang menyediakan fasilitas tersebut:

tetap profesional di kantor meski suasana hati sedang buruk

Penasaran ingin tahu perusahaan apa lagi yang menyediakan fasilitas olahraga dan hiburan bagi karyawannya? Anda bisa menemukannya di Jobplanet.

Comments

comments