4 Keuntungan yang Hanya Bisa Dirasakan oleh Lulusan Ilmu Komunikasi

4 keuntungan yang hanya bisa dirasakan oleh lulusan ilmu komunikasi

Di antara sejumlah bidang ilmu yang kerap dipandang sebelah mata, Ilmu Komunikasi adalah salah satunya. Pasalnya, banyak yang berpikir bahwa komunikasi adalah kemampuan yang sudah dimiliki oleh setiap orang sejak lahir. Faktanya, cakupan Ilmu Komunikasi sangat luas dan tidak sedikit keuntungan yang bisa diperoleh para lulusan dari jurusan tersebut.

Berikut beberapa keuntungan menjadi lulusan Ilmu Komunikasi:

  • Peluang kerja untuk lulusan Ilmu Komunikasi cukup menjanjikan dan tersedia di berbagai sektor, misalnya sebagai staf Humas. Hampir semua sektor industri membutuhkan lulusan Komunikasi—tak hanya perusahaan swasta dan BUMN, tapi juga lembaga pemerintahan. Menariknya, pelamar tak selalu diharuskan lulus dari program studi Public Relations untuk menduduki posisi tersebut.
  • Asyiknya jika sudah menekuni Ilmu Komunikasi adalah, saat mencari pekerjaan Anda bisa memasuki ranah konsentrasi lain. Mengapa? Karena Anda sama-sama mempunyai dasar komunikasi, di mana biasanya selama beberapa semester di perguruan tinggi Anda mempelajari semua konsentrasi yang ada. Kebanyakan perusahaan pun tidak terlalu ketat untuk urusan ini, asalkan pelamar memenuhi kualifikasi yang mereka cari.
  • Ilmu Komunikasi tidak akan pernah tertinggal oleh kemajuan zaman. Di era digital saat ini, misalnya, perusahaan mencari lulusan-lulusan Marketing untuk menjalankan kegiatan digital atau social media marketing. Bahkan sekalipun Anda mengira dunia periklanan akan mati, para pekerja advertising ternyata “hanya” cukup belajar dan beralih ke format iklan digital.
  • Ada banyak kesempatan bekerja di bidang komunikasi yang penghasilannya tinggi. Misalnya, menjadi konsultan di advertising agency, atau sebagai tenaga sales. Bahkan di sini Anda bisa temukan beberapa perusahaan yang bukan cuma memberikan gaji tinggi untuk karyawan sales, tapi juga bonus berlimpah, dan ada pula yang memberikan fasilitas kendaraan!

Bagaimana? Jadi ikut tertarik bekerja di bidang komunikasi?

Comments

comments