4 Karakteristik yang Dimiliki Banyak Pekerja Sales dan Marketing

Pekerja Sales dan Marketing

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Sales dan marketing bisa dikatakan sebagai bagian yang punya andil paling besar dalam sebuah bisnis. Di mata masyarakat, profesi ini terkadang terlihat penuh pro dan kontra. Di satu sisi, keduanya dikenal dengan komisi atau insentif yang kian menggiurkan. Namun di sisi lain, cara kerja keduanya dalam mempromosikan serta menawarkan produk atau jasa kerap membuat sejumlah orang memandangnya sebelah mata.

Terlepas dari citranya yang terkadang kurang disegani, pekerja sales dan marketing sebenarnya punya banyak keunggulan yang mungkin sulit ditemukan pada tenaga kerja bidang lain. Nah, berikut ini empat karakteristik yang mereka miliki:

1. Pantang menyerah

Penolakan bisa diibaratkan seperti makanan sehari-hari para tenaga sales dan marketing—bahkan yang sudah berpengalaman sekalipun. Belum sempat melakukan penawaran, calon nasabah, klien, atau pembeli yang sudah lebih dulu anti dengan profesi mereka langsung mencari berbagai alasan untuk menolaknya.

Meski demikian, kata menyerah tak ada dalam kamus pekerja sales dan marketing yang profesional. Nyali besar merupakan sebuah tuntutan mutlak. Demi pundi-pundi uang, gengsi dan rasa malu harus disingkirkan sehingga lama kelamaan mereka pun menjadi sosok yang pantang menyerah. Kualitas ini jelas menjadi nilai plus bagi para profesional di dunia kerja.

2. Jago mempersuasi

Agar target tercapai, setiap pekerja sales harus selalu mencari taktik agar mampu menggaet klien. Kesan “mengganggu” yang cukup melekat pada profesi ini menjadikan tanggung jawab mereka kian menantang. Tak heran jika cara kerja dunia pemasaran selalu berkembang mengikuti masyarakat.

Pekerja telemarketing, misalnya, harus memikirkan berbagai jurus untuk membuat calon klien setidaknya bersedia mendengarkan penawaran produk atau jasa mereka. Tentunya mereka harus siap dengan segala macam respons yang kurang menyenangkan. Karenanya, selain mental yang tangguh, kemampuan persuasi yang matang sudah pasti harus mereka miliki.

 3. Pandai bergaul

Pekerja sales dan marketing bisa dikatakan pandai bergaul bukan hanya karena punya banyak kenalan, tapi juga karena mereka tahu bagaimana caranya menjaga hubungan dengan orang-orang tersebut.

Menghabiskan hari-hari dengan bertemu klien maupun calon klien membuat skill komunikasi pekerja sales dan marketing kian terasah. Pasalnya, karakter klien maupun calon klien yang mereka jumpai tentu sangat beragam. Nah, kepiawaian inilah yang menjadi modal yang menguntungkan.

 

https://goo.gl/49fjGs

 

4. Gesit dan cekatan

Meskipun biasanya tetap mendapat gaji pokok, namun daya pikat profesi sales dan marketing ada pada komisi dan insentifnya. Kalau tak mau mendapat penghasilan yang biasa-biasa saja, otomatis mereka harus pandai menangkap peluang. Teman lama yang ditemui saat acara reuni, atau kenalan baru di acara seminar, semuanya bisa menjadi calon klien yang potensial. Karakteristik yang gesit dan cekatan seperti inilah yang membuat pekerja sales dan marketing disenangi di lingkungan kerja.

Comments

comments