4 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Tim

4 Aplikasi untuk Meningkatkan Produktivitas Tim

Di era digital seperti sekarang ini, hampir semua aktivitas telah dimudahkan dengan keberadaan beragam aplikasi, baik yang dapat diakses melalui desktop maupun smartphone. Teknologi pun memudahkan karyawan dalam menjalankan pekerjaan di kantor. Melalui beragam aplikasi, karyawan semakin mudah memantau dan mengelola pekerjaan timnya. Jika pemanfaatannya tepat, aplikasi-aplikasi tersebut tentu akan meningkatkan produktivitas mereka.

Berikut beberapa aplikasi yang bisa Anda gunakan untuk mengoptimalkan pekerjaan tim Anda:

1. Trello

Trello merupakan salah satu aplikasi manajemen proyek yang memiliki fitur lengkap, tapi mudah digunakan. Beberapa fitur bermanfaat yang bisa ditemukan di Trello, antara lain fitur To Do, Doing, Done, serta fitur Kanban yang memudahkan pengguna dalam memonitor proyek yang sedang berjalan.

Menggunakan Trello, Anda bisa memasang reminder sesuai dengan tugas dan peran anggota tim dalam proyek yang sedang dijalankan. Selain dapat diakses melalui desktop, aplikasi ini pun dapat dipasang di smartphone Anda.

2. Basecamp

Basecamp menyediakan fitur-fitur yang memungkinkan tim Anda berkolaborasiĀ  dengan mudah. Di antaranya, fitur diskusi tim, file sharing, dan reminder. Basecamp juga dapat dipasang di smartphone sehingga bisa Anda gunakan di mana pun dan kapan saja.

Sayangnya, aplikasi ini tidak gratis. Anda baru bisa menggunakannya jika telah membuat account berbayar dan akan dikenai biaya berlangganan.

3. Producteev

Producteev merupakan salah satu aplikasi yang menawarkan fitur manajemen proyek cukup lengkap. Melalui fitur prioritas, misalnya, pengguna akan diingatkan tugas-tugas apa saja yang harus dia kerjakan sesuai deadline.

Selain melalui desktop, aplikasi ini juga bisa diakses melalui smartphone. Satu lagi, selama tidak terintegrasi dengan platform lain, Anda bisa memanfaatkan semua fiturnya secara gratis.

4. Asana

Salah satu keistimewaan dari Asana adalah, pengguna dapat membuat ruang kerja proyek sebanyak-banyaknya. Aplikasi ini juga memudahkan Anda dan tim dalam memantau jalannya setiap proyek. Anda dan teman-teman juga bisa mengakses kalender tim serta berkomunikasi atau mengikuti percakapan antaranggota.

Meskipun bentuk dan fungsinya hampir serupa dengan Trello, namun Asana lebih sering dianggap sebagai aplikasi bagi para CEO atau project manager, sementara Trello untuk para anggotanya.

Bagaimana di perusahaan Anda? Apakah tim Anda sudah menggunakan salah satu dari keempat aplikasi ini? Jika ada aplikasi lain yang ingin Anda rekomendasikan kepada pengguna Jobplanet lainnya, jangan ragu untuk menuliskannya di kolom komentar ya.

Comments

comments