3 Tanda Perusahaan Menghargai Anda Sebagai Karyawan

Mengenal 2 Jenis Surat Lamaran: Cover Letter dan Motivational Letter

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Menemukan perusahaan yang tepat itu susah-susah gampang. Apa lagi pada hakikatnya manusia tidak pernah puas. Saat kerja di tempat yang nyaman, gaji yang diterima pas-pasan. Begitu dapat perusahaan yang memberikan gaji tinggi, work-life balance-nya tidak ada. Memang, setiap perusahaan memiliki kelebihan dan kekurangan, sehingga sulit menemukan yang mendekati sempurna.

Meski demikian, sebenarnya ada satu kunci utama perusahaan yang ideal, yakni perusahaan tersebut harus bisa menghargai karyawannya. Bentuk penghargaan ini bisa bermacam-macam, dan tak melulu berupa gaji yang tinggi. Artinya, sekalipun gaji Anda lebih rendah dari rekan seangkatan yang bekerja di perusahaan lain, hal itu tidak jadi alasan bagi Anda untuk pindah kerja.

Apakah perusahaan menghargai Anda sebagai karyawan? Nah, Anda bisa bersyukur jika perusahaan tempat Anda bekerja menunjukkan tanda-tanda berikut ini:

1. Melibatkan karyawan dalam setiap kesempatan

Perusahaan yang baik tidak akan melihat karyawannya sebagai tenaga kerja semata yang hanya datang ke kantor, mengerjakan tugas yang diperintahkan atasan, lalu menerima upah. Perusahaan yang baik menyadari betapa pentingnya peran setiap karyawan dalam memajukan perusahaan.

Dalam setiap kesempatan, misalnya saat meeting dengan tim, para atasan akan menanyakan opini maupun saran setiap anggota—tak peduli mereka datang dari jajaran staf atau bahkan karyawan magang sekalipun. Tindakan ini juga bukan sekadar formalitas, tapi suara mereka benar-benar didengarkan, serta ikut dipertimbangkan.

 2. Memberi ruang untuk berkembang

Anda sudah berada di perusahaan yang tepat apabila kesempatan bagi karyawan untuk mengembangkan diri terbuka lebar. Bukan lewat pelatihan-pelatihan resmi yang memang jadi bagian dari prosedur perusahaan saja, tapi dari perlakuan manajemen sehari-hari. Misalnya, memberi karyawannya kesempatan untuk berinovasi, serta rutin memberi tantangan baru.

Tantangan baru yang dimaksud biasanya berupa tugas-tugas tambahan—yang tentunya masih dalam batas wajar. Selain untuk meningkatakan skill karyawan, terkadang cara ini juga dilakukan oleh perusahaan sebagai langkah awal sebelum menaikkan jabatan mereka.

3. Mengakui kerja keras karyawan

Apresiasi atau penghargaan perusahaan terhadap karyawannya sering kali dikaitkan dengan gaji dan tunjangan. Padahal, mengakui kerja keras karyawan tidak harus lewat materi, lho. Gaji tinggi tanpa ada pengakuan dari atasan untuk prestasi yang telah dicapai, belum tentu membuat karyawan merasa dihargai.

Sulit dipungkiri, tak ada karyawan yang tidak menginginkan gaji tinggi. Akan tetapi, terkadang ucapan terima kasih serta pujian dari atasan bisa lebih berarti buat mereka. Reaksi sederhana seperti “Good job!” atau “Saya bangga!” bukan hanya dapat mendongkrak rasa percaya diri, tapi juga memotivasi mereka untuk terus berkontribusi untuk perusahaan.

Bagaimana? Apakah ketiga hal di atas sudah Anda rasakan di tempat kerja sekarang? Kalau yang Anda alami justru sebaliknya, mungkin ini saatnya Anda mencari perusahaan baru yang tak hanya berperan sebagai wadah untuk menuangkan skill dan pengetahuan Anda, tapi juga sanggup menghargainya dengan layak. Nah, perusahaan tersebut bisa Anda temukan di sini.

Comments

comments