3 Pelajaran dari Mereka yang Sukses Tanpa Gelar Sarjana

Sukses Tanpa Gelar Sarjana

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Bagi Anda, meneruskan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi usai menamatkan SMA mungkin merupakan sebuah keharusan. Namun, kenyataannya tidak semua orang cukup beruntung bisa menempuh jalan tersebut. Ada orang-orang yang sebenarnya ingin kuliah, tapi terkendala biaya. Ada juga yang sebenarnya memiliki kesempatan, tapi memilih untuk langsung bekerja.

Berkarier tanpa gelar sarjana bukanlah hal yang mustahil. Di Indonesia sendiri, tidak sedikit selebriti yang dikenal punya karier cemerlang meski tidak kuliah. Di dunia bisnis pun demikian. Banyak lulusan SMA/SMK yang berhasil mengembangkan usaha, bahkan sampai ke tingkat mancanegara. Lantas, hal apa saja yang bisa kita pelajari dan tiru dari mereka yang sukses tanpa gelar sarjana?

1. Sadari potensi

Sekalipun Anda menyandang gelar dari perguruan tinggi bergengsi, karier Anda akan tersendat jika potensi dan kemampuan diri sendiri diragukan. Mereka yang tidak kuliah bisa sukses berkarier dan bahkan punya penghasilan tinggi, karena mereka optimistis serta tidak memandang rendah dirinya.

Meskipun mengambil jalan karier yang berbeda, orang-orang yang sukes tak akan pernah menjadikan statusnya yang merupakan lulusan SMA/SMK sebagai alasan. Mereka sadar bahwa sama halnya dengan para sarjana, mereka juga punya potensi yang dibutuhkan di dunia kerja sekalipun mereka harus mengerahkan usaha yang lebih besar.

2. Jeli melihat peluang

Di luar negeri, cukup banyak selebriti YouTube yang meninggalkan bangku sekolah demi fokus menjadi content creator di dunia maya. Selain pamor yang mendunia, penghasilan bernilai fantastis yang mereka kumpulkan dari situs video sharing ini juga menandakan bahwa kesuksesan bisa diraih apabila kita jeli melihat peluang.

Pelajaran yang sama juga bisa kita petik dari para CEO maupun orang-orang berpengaruh di dunia. Kisah Ibu Susi Pudjiastuti bisa dijadikan contoh. Meskipun ia tidak pernah menamatkan SMA, namun sejak kecil ia sudah pandai berbisnis hingga bisa membangun maskapai penerbangan Susi Air, sebelum akhirnya terjun ke dunia politik dan memimpin Kementerian Kelautan dan Perikanan RI.

3. Gigih dan ulet

Apapun background pendidikan Anda, sekadar memanfaatkan peluang alias “aji mumpung” saja tidak cukup untuk menggapai kesuksesan. Anda harus mengiringinya dengan tekad yang bulat dan usaha yang kuat. Jadi, kalau Anda lebih memilih untuk bermalas-malasan, maka hasil akhir pun akan berbicara.

Meski tidak pernah mengecap bangku kuliah, banyak orang yang tetap bisa sukses karena mereka sadar bahwa ilmu bisa diperoleh di mana saja. Metode self-learning pun mereka tempuh, baik itu belajar dari Internet maupun dengan berdiskusi bersama orang-orang yang mereka temui. Melalui cara tersebut, tentu gelar tak akan jadi kendala.

Sebagian orang mungkin bertanya, “Lalu, apa gunanya kuliah, kalau tanpa gelar sarjana saya bisa jadi CEO?” Nah, jawabannya ada pada diri Anda sendiri.

Ketahuilah bahwa tak ada ilmu yang akan sia-sia, dari manapun Anda mendapatkannya. Jadi, selama Anda mau menyusun rencana karier dengan matang, sambil tekun mencari informasi tentang perusahaan dan dunia kerja—salah satunya lewat Jobplanet—niscaya kuliah sarjana maupun magister yang Anda tempuh selama bertahun-tahun akan memberikan hasil yang setimpal.

Comments

comments