3 Hal yang Perlu Diantisipasi Sebelum Memutuskan Bekerja di Perusahaan Konsultan

bekerja di perusahaan konsultan

Persaingan para sarjana untuk masuk ke perusahaan konsultan bisa dibilang cukup ketat. Tidak diragukan lagi bahwa banyak orang tergiur dengan gaji perusahaan konsultan yang katanya tinggi. Tapi, apa gaji yang tinggi saja cukup?

Kalau sebelumnya Jobplanet telah membahas bagaimana menariknya gaji di perusahaan konsultan, kini saatnya kita mengenal lebih jauh seluk-beluk jenis perusahaan ini. Berikut ini tiga hal yang perlu Anda antisipasi sebelum memutuskan bekerja di perusahaan konsultan.

1. Beban kerja

Salah satu risiko bekerja di perusahaan konsultan adalah beban kerja yang tinggi. Jangan terlalu mengharapkan worklife balance jika Anda memutuskan bekerja di perusahaan konsultan. Bahkan terkadang Anda sampai harus mengorbankan waktu libur.

bekerja di perusahaan konsultan

Di sisi lain, kondisi ini sebenarnya menguntungkan para fresh graduate. Sebagai lulusan yang masih minim pengalaman, mengawali karier di perusahaan konsultan merupakan keputusan yang tepat. Sebab, beban kerja tinggi berarti ada banyak hal yang bisa dipelajari.

2. Batu loncatan

Inilah salah satu alasan mengapa banyak fresh graduate berlomba-lomba bekerja di perusahaan konsultan. Karyawan yang pernah bekerja di perusahaan konsultan–apalagi perusahaan ternama–cenderung lebih mudah mendapat pekerjaan selanjutnya. Bahkan bukan Anda lagi yang mencari perusahaan, tapi perusahaan yang akan mencari Anda!

Selain karena banyaknya ilmu dan pengalaman yang didapat di perusahaan konsultan, standar dan kemampuan Anda akan dianggap lebih tinggi dibandingkan mantan karyawan perusahaan lainnya.

bekerja di perusahaan konsultan

3. Turnover tinggi

Jangan kaget jika perusahaan konsultan memiliki turnover karyawan yang tinggi, karena beratnya beban kerja hingga mengganggu worklife balance. Turnover yang tinggi ini pun berimbas pada iklim kerja yang mudah berubah, sebagaimana diakui oleh seorang karyawan perusahaan konsultan ternama di Jakarta.

bekerja di perusahaan konsultan

Untuk menghindari kondisi seperti di atas, Anda bisa menjadikan Jobplanet sebagai referensi untuk mengetahui seluk-beluk perusahaan yang Anda tuju.

Perlu diingat, bekerja di perusahaan manapun—tak hanya perusahaan konsultan—pasti ada kelebihan dan kekurangannya. Tapi, setiap orang juga memiliki tujuan dan harapannya masing-masing. Nah, agar Anda tak kaget atau menyesal, perbanyaklah membaca review perusahaan-perusahaan yang ada di Jobplanet. Dari situ Anda bisa memutuskan mana perusahaan yang sesuai dengan tujuan dan keinginan Anda.

Selamat mencari! (chk/wid)

Comments

comments