Apa Karier yang Tepat untuk Lulusan Akuntansi dengan Interpersonal Skill yang Baik?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email [email protected] dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Anda juga bisa mendiskusikannya dengan rekan-rekan seprofesi di Forum Jobplanet.


Pertanyaan:

Dear Jobplanet,

Saya ingin bertanya mengenai pilihan karier yang tepat. Saya kuliah mengambil jurusan S1 Akuntansi, dan selama saya kuliah saya pernah bekerja part time sebagai pengajar bahasa Inggris. Saya mendapat feedback dari teman kerja dan murid-murid bahwa saya punya kemampuan yang baik, khususnya dalam hal membangun hubungan dengan murid-murid saat itu.

Setelah selesai kuliah, saya bekerja magang di KAP (Kantor Akuntan Publik) Big 4—yang merupakan tempat saya bekerja sekarang—dan saya mendapat feedback bahwa saya memiliki kemampuan yang baik dalam hal membangun hubungan dengan client

Berdasarkan feedback yang pernah saya peroleh, saya berpikir untuk bisa memaksimalkan kemampuan yang saya miliki.

Menurut Jobplanet, pilihan karier apa yang tepat untuk saya? Apakah mungkin bila pilihan karier saya akan berbeda dengan jurusan kuliah saya—mengingat saya mengambil kuliah akuntansi?

Terima kasih.

 

https://goo.gl/49fjGs

 

Jawaban:

Setahu saya di KAP yang termasuk Big 4 ada departemen khusus yang bertugas untuk menjaga serta menjalin hubungan dengan para klien korporat. Nama departemennya bisa berbeda-beda. Ada yang menyebutnya Client Relationship, Account Management, Business Development, dsb. Namun, fungsi departemen tersebut pada prinsipnya sama, yaitu memastikan bahwa para klien korporat selalu puas bekerja sama dengan KAP tersebut, dan selalu menjadi klien setia yang rutin memberikan proyek-proyek baru dengan nilai yang diharapkan semakin besar.

Latar belakang Anda yang merupakan Sarjana Akuntansi akan menjadi nilai lebih bila Anda bekerja di departemen tersebut. Sebab, Anda akan bisa memahami bahasa teknis yang terkait dengan bidang akuntansi, sehingga akan lebih mudah bagi Anda untuk menjadi penghubung bagi Partners ataupun Senior Managers dengan klien korporat, serta permasalahan yang mereka hadapi. Dengan demikian, akan lebih mudah juga bagi Anda untuk merumuskan solusi terbaik bagi permasalahan tersebut.

Coba bicarakan dengan atasan di kantor tempat Anda bekerja saat ini, apakah memungkinkan bila Anda mencoba magang lanjutan selama tiga sampai enam bulan, tapi dengan fokus pada client/account relationship management.

Bila Anda ternyata menikmati bekerja di sana dan performa kerja Anda pun dinilai memuaskan, ajukan lamaran kerja resmi agar Anda dapat bekerja di departemen tersebut—bila memang itu yang Anda inginkan.

Seandainya Anda tidak diterima bekerja di sana, pertimbangkan juga alternatif karier lainnya yang menjadikan latar belakang akuntansi Anda hanya sebagai faktor pendukung, dan kepribadian Anda—yang tampaknya memiliki interpersonal skill yang baik—sebagai faktor utama dalam bekerja.

Saya rasa Anda akan lebih sesuai bekerja di bidang yang mengharuskan Anda untuk berhubungan lebih sering dengan manusia, dan tidak melulu bekerja di belakang komputer untuk menghadapi deretan angka sebagaimana profesi yang terkait dengan bidang akuntansi pada umumnya.

Semoga sukses untuk meraih karier gemilang yang sesuai dengan passion Anda!


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments