5 Alternatif ke Luar Negeri Tanpa Menguras Kantong

ke luar negeri tanpa menguras kantongSiapa bilang ke luar negeri harus mahal? Selama ada niat dan usaha, jalan-jalan ke luar negeri bukan lagi cuma mimpi. Selalu ada jalan agar Anda bisa traveling tanpa perlu mengeluarkan biaya yang besar. Berikut ini di antaranya:

1. Aktif di organisasi atau kegiatan kemahasiswaan

Bagi Anda yang masih duduk di bangku sekolah atau kuliah, Anda bisa ke luar negeri tanpa takut menguras kantong kedua orang tua. Misalnya, dengan memilih aktif di kegiatan kemahasiswaan yang sering mengikuti kompetisi tingkat internasional. Biaya yang dikeluarkan biasanya tidak sebesar kalau Anda berangkat sendiri. Bahkan bisa jadi gratis!

2. Cari beasiswa

Cara ini sudah pasti ditujukan bagi Anda yang bukan hanya ingin jalan-jalan, tapi juga berniat menempuh studi. Jika Anda giat mencari informasi, ada banyak program beasiswa penuh yang dananya bisa menutupi biaya kuliah, akomodasi sehari-hari, hingga tiket perjalanan. Beasiswa itu bukan hanya untuk orang-orang ber-IPK 4 kok, tapi lebih tepatnya untuk mereka yang mau berusaha keras dan punya visi misi yang sejalan dengan penyedia beasiswa tersebut.

3. Maksimalkan hobi

Hobi atau ketertarikan tidak boleh dianggap remeh. Jika digeluti dengan serius, hobi ini bisa mengantarkan Anda ke luar negeri lho! Untuk Anda yang hobi menulis, misalnya, Anda bisa menjajal aktivitas blogging dengan mengangkat topik-topik yang paling Anda minati. Saat ini sudah banyak orang yang bermula dari menjadi blogger, mereka kemudian sukses meraup penghasilan jutaan rupiah dan traveling ke berbagai negara.

 4. Perluas koneksi dengan warga asing

Berpartisipasi di program-program antarbudaya bisa memperluas koneksi Anda dengan warga asing. Anda bisa bergabung menjadi panitia penyelenggara, volunteer, atau bahkan host family alias keluarga angkat. Dengan membangun relasi bersama para peserta yang merupakan warga asing, Anda sudah berusaha mengurangi biaya akomodasi jika suatu hari akan traveling ke negaranya.

5. Cari perusahaan yang membiayai karyawan ke luar negeri

Beberapa perusahaan di Indonesia memberikan karyawannya kesempatan ke luar negeri secara cuma-cuma, misalnya untuk menghadiri program pelatihan atau training. Nah, Anda tentunya beruntung kalau berhasil masuk ke perusahaan-perusahaan tersebut. Kapan lagi traveling ke luar negeri dibiayai perusahaan?

kerja di XL

kerja di townland

kerja di prudential

Selain tiga perusahaan di atas, ada pula perusahaan-perusahaan lain dengan benefit yang beragam. Contohnya, memberi kesempatan beasiswa studi di luar negeri bagi karyawan yang berprestasi. Semua perusahaan ini bisa Anda temukan di Jobplanet.

Nah, jika Anda tertarik bekerja di salah satu perusahaan tersebut, Anda juga bisa mencari tahu tahapan seleksi serta mempelajari kisi-kisi interview-nya di Jobplanet. Semoga berhasil!

Comments

comments