Trik Membuat CV Lengkap dalam Satu Halaman

trik membuat cv

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Jika Anda adalah karyawan berpengalaman yang hendak mencari pekerjaan baru, maka inilah saatnya Anda memperbarui CV. Nah, kalau pengalaman bertambah, artinya panjang CV juga bertambah dong? Anda mungkin khawatir akan kesulitan memenuhi panjang ideal CV yang maksimal dua halaman. Tapi percayalah, Anda bahkan bisa memuat seluruh isinya ke dalam satu halaman saja!

Berikut trik-trik membuat CV lengkap dalam satu halaman saja:

1. Buang tulisan “Curriculum Vitae”

Mengawali CV dengan tulisan “Curriculum Vitae” hanya akan menghabiskan halaman yang terbatas. Sementara hal pertama yang ingin diketahui recruiter saat menerima sebuah CV adalah siapa diri Anda. Jadi sebaiknya jadikan nama Anda sebagai judul, dengan ukuran font yang cukup besar namun tidak terlalu memakan halaman.

2. Kurangi repetisi

Apabila Anda pernah menjalankan satu atau dua tanggung jawab yang sama di beberapa perusahaan yang berbeda, sebisa mungkin tak perlu berulang kali menuliskan tanggung jawab tersebut di setiap perusahaan. Sebagai gantinya, sorot peran dan tanggung jawab penting lain yang belum tertulis di CV Anda.

 3. Cukup sebutkan pendidikan terakhir

Pendidikan di perguruan tinggi pada umumnya lebih relevan dan mewakili diri Anda daripada pendidikan di SMA. Bukan berarti prestasi atau pengalaman berorganisasi semasa SMA tidak penting, namun bagian ini cukup diulas saat wawancara saja.

4. Tuliskan pengalaman atau prestasi yang paling relevan

Jika Anda sering menjuarai kompetisi paduan suara saat kuliah, coba pikirkan kembali, apakah menuliskannya di CV dapat menunjang peluang untuk diterima di pekerjaan yang Anda inginkan? Jika tidak, ada baiknya Anda ganti dengan pengalaman atau prestasi lain yang sesuai dengan posisi yang Anda lamar.

5. Maksimalkan setiap baris

Dalam menuliskan skill atau keahlian, para pencari kerja cenderung menggunakan bullet point. Nah, agar lebih efisien, Anda bisa memuat beberapa keahlian sekaligus dalam satu baris. Seperti ini contohnya:

Skills

– Java      – XML      – C             – C++       – Java Script

– SQL       – HTML  – UML

6. Buat CV yang kreatif

Kecuali Anda melamar pekerjaan dalam bidang design, membuat CV kreatif menggunakan berbagai software memang bukan suatu keharusan. Namun, ini bisa menjadi salah satu solusi untuk menata isi CV agar tetap menarik dalam satu halaman. Tapi ingat, desainnya tidak perlu berlebihan dan harus mudah dipahami.

Selain mempersiapkan CV, persiapkan juga diri Anda jika sewaktu-waktu diundang interview. Selain menggali informasi seputar perusahaan beserta posisi yang dilamar, Anda juga bisa mempelajari kisi-kisi interview-nya di Jobplanet sambil membaca pengalaman para pelamar yang pernah menjalani seleksi di perusahaan tersebut.

Semoga sukses!

Comments

comments