Tips untuk Calon CEO Muda

tips untuk calon ceo muda

Seiring dengan semakin menjamurnya perusahaan-perusahaan baru atau startup di Indonesia, istilah CEO atau Chief Executive Officer semakin sering terdengar. Nama-nama CEO yang sukses dalam usia muda pun banyak diperbincangkan. Mereka yang sebagian besar datang dari dunia startup kemudian menjadi inspirasi bagi anak muda lainnya.  Sebut saja Ahmad Zaky (Bukalapak), Nadiem Makarim (Go-Jek), Iman Usman (Ruangguru.com), sebagai contohnya.

Kerja keras mereka dalam membangun sekaligus memimpin sebuah bisnis memberi secercah harapan bagi orang-orang yang bermimpi menjadi CEO di usia muda. Apa Anda pun memiliki mimpi untuk menjadi seperti mereka? Dengan menyiapkan sejumlah bekal, tentu tak tertutup kemungkinan bagi Anda untuk mewujudkan keinginan tersebut.

Berikut hal-hal yang perlu disiapkan dan dimiliki oleh Anda, para calon CEO muda:

  • Keinginan yang kuat

Semangat dan keinginan yang kuat merupakan modal awal untuk menggapai sebuah impian. Karena itu, yakinkanlah diri Anda bahwa menjadi CEO bukanlah kemauan yang sifatnya hanya sesaat, tapi benar-benar sesuatu yang ingin Anda capai. Jika sudah mengantongi hal ini, maka niscaya kemudahan lain akan mengiringi langkah Anda.

  • Kepiawaian memperluas koneksi

Anda boleh saja cerdas dan ahli dalam bidang tertentu, tapi Anda tak boleh lupa akan pentingnya bersosialisasi. Kecerdasan tanpa koneksi tak akan cukup untuk membantu Anda meraih kesuksesan, terutama jika ingin menjadi CEO. Keduanya harus saling melengkapi. Dengan membangun koneksi yang luas, jalan Anda untuk mengejar posisi impian tersebut akan semakin terbuka lebar.

  • Jiwa visioner

Untuk mengembangkan perusahaan, seorang pemimpin harus pandai melihat ke depan. Di mana perusahaan berdiri lima tahun yang akan datang, hal apa yang kira-kira akan menjadi tren tahun depan, serta apa yang harus dilakukan untuk mengantisipasi hambatan-hambatan? Jiwa visioner ini harus ditanamkan dalam diri Anda sejak dini. Anda bisa mulai dengan merencanakan pada usia berapa Anda ingin menjadi CEO, apa yang harus Anda lakukan untuk mencapainya, serta apa saja tantangan yang mungkin akan Anda hadapi.

  • Sikap realistis

Di satu sisi, bersikap idealis punya makna positif di mana seseorang gigih dengan keyakinannya. Namun, jika tidak diimbangi dengan sikap realistis, maka hal ini bisa menjadi menjadi bumerang bagi diri sendiri. Sebaliknya, seorang calon CEO harus bisa menahan egonya dan menyesuaikan setiap ide yang dimiliki dengan situasi yang berlangsung. Dunia bisnis itu dinamis. Jadi kalau ingin terjun ke dalamnya, Anda harus mau terbuka pada perubahan.

  • Emosi yang terkendali

Usia Anda boleh muda, tapi jika tidak bisa mengendalikan emosi dengan baik, maka gelar CEO yang Anda miliki akan percuma dan tidak akan membuat orang lain menghargai Anda. Seseorang yang meraih posisi tinggi di usia muda punya kecenderungan untuk dikendalikan oleh emosi dan ambisi. Jika ini terjadi, akibatnya perusahaan juga yang akan rugi. Untuk itu, jalani dulu setiap proses dengan maksimal. Seseorang yang merasakan perjuangan dari nol biasanya akan menjadi sosok pemimpin yang ideal.

Bagaimana? Sudah siap untuk merintis jalan menjadi CEO muda?

Comments

comments