Tips Sukses Melamar Kerja di Perusahaan Multinasional

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Di berbagai negara, perusahaan multinasional merupakan salah satu incaran para pencari kerja. Sebagai perusahaan berskala besar dengan nama yang bergengsi dan mendunia, tak heran jika kebanyakan perusahaan multinasional memasang standar tinggi untuk calon karyawannya. Alhasil, tahapan seleksi yang ketat pun diadakan, untuk menyaring kandidat-kandidat terbaik yang berpotensi besar menyukseskan perusahaan.

Nah, jika Anda berencana untuk melamar ke perusahaan multinasional, simak tips sukses dari Jobplanet di berikut ini:

1. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik

Sudah tidak aneh rasanya jika perusahaan mengharuskan karyawannya memiliki kemampuan Bahasa Inggris yang baik. Terlebih lagi di perusahaan multinasional. Mengingat kegiatan bisnisnya tersebar di berbagai negara, kemampuan Bahasa Inggris karyawan perusahaan multinasional jelas menjadi kebutuhan utama. Sekalipun tak ada interaksi langsung dengan kolega di cabang perusahaan di negara lain, tapi tentu banyak materi pekerjaan sehari-hari yang berbasis Bahasa Inggris.

Jika Anda menyimak iklan lowongan kerja di perusahaan multinasional, Bahasa Inggris tidak sekadar menjadi syarat tertulis, tapi juga akan diuji lewat seleksi interview, FGD (Focus Group Discussion), hingga tes tertulis. Bahkan, ada perusahaan yang sampai meminta skor tes kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL/TOEIC/IELTS) sebagai persyaratan dalam rekrutmen karyawan. Dengan begitu, mereka bisa menilai kemampuan kandidat, baik dalam menulis (writing), mendengarkan (listening), membaca (reading), maupun berbicara (speaking).

2. Menggunakan CV berstandar internasional

Memang tidak semua perusahaan multinasional menyebutkan secara spesifik ketentuan format CV yang diberlakukan. Namun, jika CV yang Anda buat sesuai dengan format atau standar internasional, bukan tak mungkin perusahaan akan memberi Anda nilai tambah.

Yang dimaksud dengan CV berstandar internasional adalah CV yang dibuat dalam Bahasa Inggris dan menampilkan isi yang detail. CV ini tak hanya menyebutkan poin-poin utama saja, tapi menjabarkan dengan cukup lengkap pengalaman kandidat.

Yang dimaksud dengan CV berstandar internasional adalah CV yang dibuat dalam Bahasa Inggris dan menampilkan isi yang detail. CV ini tak hanya menyebutkan poin-poin utama saja, tapi menjabarkan dengan cukup lengkap pengalaman kandidat.

Sumber: central-america-internet.com

3. Memiliki soft skills

Soft skills berhubungan dengan kecerdasan emosional seseorang, termasuk kepribadian serta keterampilan sosial dan kemampuannya dalam berkomunikasi. Untuk menilai aspek yang satu ini, banyak perusahaan multinasional menggelar FGD, di mana beberapa kandidat karyawan dipertemukan dalam sebuah ruangan untuk mendiskusikan suatu topik tertentu.

Pihak yang mengawasi jalannya diskusilah yang akan menilai soft skills para kandidat—bagaimana kemampuan mereka dalam memimpin, bekerja sama, serta mengambil keputusan. Mengingat perusahaan multinasional juga memiliki lingkungan multikultural dengan adanya beberapa atau cukup banyak karyawan asing, maka para kandidat juga diharapkan mempunyai kemampuan adaptasi yang baik.

4. Memiliki pola pikir global dan terbuka

Yang dimaksud dengan pola pikir global dan terbuka adalah, adanya toleransi terhadap perbedaan yang dimiliki oleh sesama rekan kerja. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, sejumlah perusahaan multinasional mempertemukan karyawan lokal dan asing, di mana perbedaan latar belakang mereka membuat cara berpikir dan gaya bekerja masing-masing juga berbeda. Nah, dengan memiliki pemikiran global, Anda tetap bisa mempertahankan nilai-nilai budaya lokal yang selama ini Anda pegang, dan di saat yang sama juga mampu melihat permasalahan dari sudut pandang mereka. Dengan demikian, konflik yang tidak diharapkan bisa dihindari.

Bagaimana? Anda siap untuk menghadapi tantangan bersaing secara global? Agar bisa selangkah lebih maju dari para pelamar, ada baiknya Anda simak dulu seluk-beluk perusahaan multinasional yang ingin Anda tuju di Jobplanet. Jangan lupa pelajari pula informasi dan kisi-kisi pertanyaan interview-nya di sini. Semoga sukses!

Comments

comments