Tips Menjadikan Perjalanan Dinas Jadi Menyenangkan

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Perjalanan dinas yang diwajibkan oleh kantor terkadang membuat karyawan merasa harus mengorbankan banyak hal. Misalnya, waktu dan keluarga. Padahal, tidak selamanya perjalanan dinas itu menyusahkan, loh! Meski tujuan utama dari perjalanan ini adalah menjalankan tugas dari perusahaan, tapi Anda bisa menyiasati agar perjalanan ini terasa menyenangkan seperti liburan. Tentunya, tanpa harus melanggar etika sebagai karyawan.

  1. Manfaatkan waktu luang

Di sela-sela perjalanan dinas, biasanya karyawan memiliki waktu luang, di mana mereka bebas melakukan berbagai aktivitas. Nah, waktu ini bisa Anda manfaatkan untuk mengeksplorasi kota yang Anda kunjungi. Namun ingat, urusan kantor tetap harus diutamakan! Pastikan rencana “jalan-jalan” ini tidak bentrok dengan jadwal meeting, jam kerja, atau kunjungan dinas yang telah diatur oleh perusahaan. Dengan kata lain, selesaikan dulu pekerjaan Anda, baru bersenang-senang menikmati “liburan” Anda.

  1. Hubungi kenalan

Dalam perjalanan dinas, tidak ada salahnya menghubungi kerabat atau teman lama yang tinggal di kota tujuan Anda. Apa lagi jika Anda baru pertama kali berkunjung ke sana. Keberadaan kenalan bisa membantu Anda. Misalnya, untuk merekomendasikan objek wisata yang wajib dikunjungi, atau bahkan menemani Anda berkeliling kota. Dengan begitu, perjalanan dinas Anda akan berkesan dan pastinya terasa lebih menyenangkan.

  1. Berwisata kuliner

Ketika Anda berkunjung ke suatu tempat baru, tidak lengkap rasanya jika tidak mencicipi kuliner khas di sana. Setiap daerah biasanya memiliki ciri khas kulinernya masing-masing, sehingga sangat disayangkan jika Anda hanya menikmati makanan hotel dan tidak mencoba menu wajib warga lokalnya. Jadi, pastikan wisata kuliner ada dalam daftar hal yang harus Anda lakukan dalam perjalanan dinas Anda, ya!

  1. Membeli oleh-oleh

Jika jadwal kerja Anda padat, Anda mungkin akan kesulitan mencari waktu untuk mengunjungi tempat-tempat wisata. Namun, setidaknya Anda bisa melengkapi perjalanan dinas tersebut dengan membeli oleh-oleh khas daerah yang Anda kunjungi untuk keluarga di rumah. Anda tidak tahu kan kapan Anda bisa mendapatkan kesempatan untuk kembali ke sana lagi?

  1. Ingat: uang pribadi untuk pengeluaran pribadi

Sebelum melakukan perjalanan dinas, atur dulu rencana pengeluaran Anda selama di kota tujuan. Jika kemungkinan Anda akan melakukan kunjungan wisata di luar agenda perusahaan, pastikan Anda sudah menyiapkan anggarannya. Tentunya semua biaya di luar pekerjaan harus berasal dari dompet Anda sendiri, kecuali jika Anda mendapatkan insentif berupa uang saku dari perusahaan.

Sebetulnya, masih banyak cara yang dapat Anda lakukan untuk memaksimalkan perjalanan dinas sehingga lebih menyenangkan. Kuncinya, selama Anda bisa menjaga sikap profesional dan berkomitmen memenuhi tanggung jawab utama sebagai karyawan, menikmati liburan sambil melakukan perjalanan dinas pasti tak akan jadi masalah.

Comments

comments