Tips Melewati Hari-hari Terakhir Sebelum Meninggalkan Perusahaan

Tips Melewati Hari-hari Terakhir Sebelum Meninggalkan Perusahaan

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Ketika seorang karyawan hendak mengundurkan diri dari perusahaan, tentu ada sejumlah prosedur yang wajib ia ikuti sesuai dengan aturan dan perjanjian kerja yang disepakati. Umumnya, apabila permohonan resign telah disetujui, karyawan tersebut masih memiliki waktu kurang lebih satu bulan untuk menuntaskan pekerjaan sebelum hari terakhirnya di kantor.

Apabila keputusan resign Anda semata-mata dilatarbelakangi oleh keinginan untuk meraih karier yang lebih baik di tempat lain, maka seharusnya prosedur ini tidak akan memberatkan Anda. Lain halnya jika Anda berselisih dengan rekan kerja, merasa tertekan karena atasan, atau dilimpahi tugas yang berlebihan. Jika itu yang terjadi, bisa dimaklumi jika Anda merasa ingin cepat-cepat pindah ke kantor baru. Meski begitu, Anda tak bisa mengabaikan sisa-sisa tanggung jawab Anda terhadap perusahaan.

Nah, untuk membantu Anda agar mampu bertahan melewati hari-hari terakhir di kantor sebelum pindah ke tempat baru, sebaiknya Anda lakukan lima hal berikut:

1. Perbaiki hubungan dengan rekan kerja

Jika Anda punya masalah dengan rekan kerja, inilah saat yang tepat untuk memperbaiki hubungan Anda dengan dia. Singkirkan gengsi untuk sesaat, lalu mantapkan niat baik dalam diri Anda. Hubungan Anda dengan rekan kerja mungkin tak akan sepenuhnya kembali seperti semula, tapi paling tidak cara ini bisa mengurangi beban pikiran selama hari-hari terakhir bekerja. Lagi pula, siapa tahu Anda akan bertemu atau bekerja satu tim lagi dengan dia di masa mendatang?

2. Pikirkan hal-hal positif

Jika di hari-hari terakhir Anda justru semakin merasa tertekan, terus ingatkan diri sendiri bahwa penderitaan tersebut akan segera berakhir. Baca pula review positif yang ditulis oleh karyawan kantor baru Anda di Jobplanet, lalu bayangkan hal-hal membahagiakan yang tak lama lagi bisa Anda nikmati. Misalnya, lokasi kantor baru yang lebih dekat dengan rumah, gaji yang lebih tinggi, serta bos yang lebih baik.

3. Tuntaskan semua tanggung jawab

Kalau Anda diharuskan untuk mencari dan menyeleksi kandidat yang akan menggantikan Anda, lakukanlah dengan penuh tanggung jawab. Semakin cepat perusahaan mendapatkan pengganti Anda, akan semakin cepat pula Anda bisa melakukan serah terima pekerjaan, sehingga hari-hari terakhir di kantor pun bisa Anda lalui dengan tenang. Hal ini juga untuk memastikan bahwa Anda tak akan “diganggu” lagi setelah pindah ke kantor baru.

4. Habiskan sisa cuti

Cuti merupakan hak setiap karyawan. Jadi, sudah menjadi hak Anda untuk menghabiskan jatah cuti yang tersisa sebelum meninggalkan perusahaan. Meski begitu, pastikan semua pekerjaan dan tanggung jawab Anda telah selesai sebelumnya. Menghabiskan sisa cuti memungkinkan Anda untuk rihat dari kepenatan di kantor lama, sambil melakukan persiapan untuk menyambut hari pertama di kantor baru.

Comments

comments