Tips Belanja Bijak Menggunakan Kartu Kredit

Tips Belanja Bijak Menggunakan Kartu Kredit

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo

Di zaman yang serba praktis ini, sebagian orang lebih memilih menggunakan kartu kredit untuk berbelanja ketimbang menggunakan uang tunai atau kartu debit. Selain transaksi terasa lebih mudah dan praktis, kartu ‘sakti’ ini juga kerap menawarkan beragam promosi ataupun diskon di berbagai gerai perbelanjaan, restoran, hotel, ataupun situs-situs e-commerce.

Namun perlu Anda ingat, kartu kredit juga bisa menjadi bumerang jika Anda tidak disiplin dan tak memiliki komitmen yang kuat. Jangan sampai karena terlena dan terlalu mengandalkan kartu kredit, Anda malah terlilit utang.

Berikut ini Jobplanet paparkan empat tips belanja bijak menggunakan kartu kredit untuk Anda:

  1. Tentukan batas pemakaian kartu kredit

Seperti yang kita ketahui, setiap kartu kredit memiliki limit atau batas nilai transaksi yang berbeda-beda, tergantung penilaian bank penerbit terhadap penggunanya. Meskipun gaji Anda sudah dua digit, sebaiknya cukup gunakan kartu kredit dengan limit yang nilainya kecil atau yang akumulasinya tidak lebih dari 30% total gaji yang Anda terima tiap bulannya.

Jika tidak ingin dikenakan denda, jangan lakukan transaksi belanja melampaui limit yang sudah ditentukan. Untuk menghindari lilitan bunga, pastikan pula Anda selalu membayar penuh tagihan Anda dan tepat waktu sebelum jatuh tempo. Intinya, perlakukan kartu kredit Anda “hanya” sebagai alat transaksi, sementara sebagai pengguna, Anda harus memastikan memang memiliki uang untuk membayar tagihan belanja Anda.

  1. Buatlah daftar belanja dan bijak dalam membeli barang

Sebelum berbelanja, ada baiknya Anda membuat daftar barang apa saja yang Anda butuhkan. Hal ini dilakukan untuk menghindari pembelian barang yang tidak perlu, serta mengurangi risiko bengkaknya tagihan kartu kredit Anda.

Ketika pembelanjaan besar menggunakan kartu kredit—misalnya untuk membeli barang elektronik atau furnitur rumah tangga—pilihlah toko yang bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit Anda, yang menawarkan sistem cicilan 0%. Sedapat mungkin, hindari membeli barang “mahal” dengan cicilan yang berbunga.

Jangan lupa pula untuk menyimpan semua struk belanja sebagai catatan transaksi Anda menggunakan kartu kredit. Hal ini guna memastikan tak ada kesalahan dalam tagihan, yang dapat merugikan Anda.

  1. Gunakan poin reward serta manfaatkan diskon

Salah satu keuntungan dari penggunaan kartu kredit adalah poin yang Anda dapatkan setiap kali melakukan transaksi. Poin-poin tersebut dapat Anda kumpulkan untuk ditukar dengan promo-promo menarik.

Ketika berbelanja, Anda juga harus jeli melihat diskon yang ditawarkan oleh sejumlah merchant bersama bank tertentu. Namun, tetap kendalikan hasrat belanja Anda ya! Jangan sampai karena tergiur promosi, Anda lantas membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan. Ingat selalu tips nomor dua!

  1. Waspadai double swipe kartu kredit

Sebagai pengguna kartu kredit, Anda harus teliti! Saat Anda melakukan transaksi dengan kartu kredit di supermarket atau pusat perbelanjaan, waspadalah terhadap praktik double swipe atau penggesekan ganda.

Penting untuk Anda ketahui bahwa kartu kredit hanya boleh digesek di mesin EDC (Electronic Data Capture) milik bank yang mengeluarkan kartu kredit Anda, dan tidak boleh digesek di mesin cash register.

Bank Indonesia (BI) telah mengeluarkan larangan double swipe guna melindungi penyalahgunaan data dan informasi yang tertera pada kartu kredit nasabah. Jika Anda menemukan merchant yang melanggar, Anda dapat melaporkannya ke contact center Bank Indonesia.

Sebenarnya memiliki kartu kredit memberikan banyak keuntungan bagi Anda, selama Anda menggunakannya secara bijak. Sebelum melakukan transaksi apapun, pertimbangkan dan perhitungkan setiap aspeknya secara matang—mulai dari kebutuhan dan urgensi Anda, nilai barang yang hendak dibeli, serta kemampuan Anda untuk melunasi tagihannya.

Sebagai karyawan dan profesional, Anda tentu ingin mempersiapkan masa depan yang baik bagi diri Anda dan keluarga, bukan? Oleh karena itu, hindari gaya hidup konsumtif dan bijaklah menggunakan kartu kredit!

Semoga tips dari Jobplanet ini bermanfaat bagi Anda!

Comments

comments