Tips Agar Tetap Semangat Bekerja Setelah Libur Panjang

Semangat Bekerja Setelah Libur Panjang

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Ketentuan baru cuti bersama yang diputuskan oleh Presiden menjelang Lebaran 2017 menjadi kabar yang menggembirakan bagi para pekerja, khususnya PNS. Momen berharga ini tentu semakin ditunggu-tunggu, karena mereka bisa lebih puas menikmati kesempatan langka berkumpul dengan keluarga besar.

Sayangnya, kalau sudah asyik menikmati hari-hari penuh kebebasan seperti libur Lebaran kali ini, biasanya para karyawan—tak hanya PNS—jadi berat hati saat akan kembali ke kantor. Nah, agar Anda tetap semangat bekerja setelah libur panjang, simak tips dari Jobplanet berikut ini:

1. Rencanakan perjalanan dengan baik

Apabila Anda merencanakan perjalanan pulang ke kampung halaman atau kunjungan ke tempat-tempat wisata, atur segala sesuatunya dengan tepat. Mulai dari moda transportasi hingga waktu bepergian, sebaiknya pilihlah yang paling nyaman.

Usahakan memberi jeda antara waktu pulang dari kampung halaman dengan hari masuk kerja. Dengan begitu, Anda masih memiliki waktu untuk beristirahat di rumah sebelum memulai rutinitas di kantor.

2. Kembalikan pola makan dan istirahat

Di hari raya seperti Lebaran, Anda mungkin sering mengonsumi makanan berlemak atau yang manis-manis. Apalagi setelah puasa, biasanya hasrat untuk makan banyak jadi bertambah. Nah, pola makan yang tidak baik seperti inil dapat memicu gangguan kesehatan. Belum lagi ditambah dengan kebiasaan tidur larut malam yang sering dilakukan ketika libur panjang.

Agar setelah libur Anda bisa kembali ke kantor dengan tubuh yang fit, kebiasaan tersebut harus segera Anda ubah.

3. Rencanakan acara dengan rekan kerja

Pada hari pertama masuk kerja, Anda mungkin ingin mengadakan acara dengan teman-teman di kantor. Hal itu tentang bukan masalah. Anggaplah acara itu sebagai ajang temu kangen atau halal bi halal setelah merayakan Lebaran.

Anda bisa mengadakan acara nonton bareng atau sekadar makan malam bersama sepulang kerja. Sekalipun belum sepenuhnya siap menghadapi pekerjaan yang menumpuk, paling tidak rencana ini bisa membantu memacu semangat Anda untuk berangkat ke kantor.

4. Bayangkan hal-hal menyenangkan di kantor

Sebesar apapun keinginan Anda untuk berlibur, pasti ada momen-momen berharga yang membuat Anda rindu dengan suasana kantor. Misalnya, bertemu rekan-rekan kerja yang seru dan konyol, bertemu satpam dan OB (office boy) kantor yang baik hati, serta makan siang bersama sambil ngobrol santai di kantin langganan.

Membayangkan hal-hal menyenangkan seperti itu bisa membantu Anda menghalau keresahan atau bayangan wajah atasan yang galak, atau klien perusahaan yang menanti Anda pascaliburan.

5. Rencanakan liburan berikutnya

Masih kurang puas dengan libur panjang Anda? Coba cek sisa cuti tahunan Anda berikut kalender hari libur nasional untuk mengetahui peluang berlibur berikutnya.

Nah, kalau rencananya sudah ada, maka otomatis anggarannya juga harus siap, bukan? Inilah yang nantinya akan memotivasi Anda untuk bekerja lebih giat demi mengumpulkan uang untuk liburan selanjutnya. Jadi, tak akan ada lagi alasan untuk malas ke kantor, bukan?

Comments

comments