Tertarik Kerja di Bank Mandiri? Baca Dulu Apa Kata Para Karyawannya

mandiri2Bekerja di bank hingga saat ini masih menjadi impian banyak orang. Apa lagi jika bank itu adalah Bank BUMN (Badan Usaha Milik Negara).

Salah satu Bank BUMN yang menjadi perusahaan idaman para pencari kerja adalah Bank Mandiri. Apakah Anda termasuk orang yang ingin bekerja di Bank Mandiri? Kalau ya, artikel ini pasti bermanfaat untuk Anda.

Jobplanet merangkum berbagai review yang diberikan oleh orang-orang yang pernah atau sedang bekerja di Bank Mandiri, berdasarkan pengalaman mereka selama bekerja di bank tersebut. Berikut inilah rangkuman hasil penelusuran kami:

1. Jenjang karir

Setiap orang pasti berharap karirnya dapat terus menanjak. Beruntungnya jika bekerja di Bank Mandiri, Anda tidak perlu mengkhawatirkan soal yang satu ini. Ini berdasarkan pengakuan beberapa karyawan di bank tersebut, ya.

Adanya jenjang karir yang jelas bagi para karyawannya dan sistem kerjanya juga sudah baik.” – Customer Service, Jakarta

Perusahaan dengan pengembangan karir yang cepat dan mengandalkan generasi muda,” – Marketing, Riau

2. Tunjangan dan Gaji

Menurut pengakuan para karyawan yang dirangkum oleh Jobplanet, Bank Mandiri menawarkan benefit atau tunjangan yang cukup lengkap bagi mereka, guna mensejahterakan para karyawan.

Benefit yang selama ini diberikan perusahaan kepada karyawan yaitu jaminan asuransi kesehatan untuk pribadi dan keluarga.” – Anonymous

Selain itu, untuk karyawan di beberapa bagian dan level tertentu, Bank Mandiri juga memberikan fasilitas yang menarik, seperti pengakuan karyawan sebagai berikut:

Fasilitas rumah kendaraan jabatan dan yang lainnya” – Marketing, Jawa Tengah

Nah, bagaimana soal gaji? Seperti yang telah kita ketahui, BUMN memang memiliki image sebagai perusahaan dengan bayaran yang cukup menjanjikan. Begini menurut seorang mantan karyawan Bank Mandiri:

Perusahaan ini mempunyai standar gaji yang cukup baik untuk freshgraduate.” – Mantan Business Development, Jakarta

Itu menurut fresh graduate yang bekerja di sana. Bagaimana denngan karyawan yang sudah berpengalaman?

Dari hasil penelusuran Jobplanet, gaji posisi Customer Service di Bank Mandiri adalah sekitar Rp4 juta. Sementara, supervisor untuk bagian Marketing bisa mencapai lebih dari Rp7 juta. Selain gaji di atas rata-rata, Bank Mandiri juga memberikan bonus bagi karyawan, sesuai dengan prestasi mereka.

Bonus kepada karyawan diberikan sesuai prestasi yang kita berikan kepada perusahaan.” – Anonymous

lsp

 3. Hubungan atasan-bawahan

Persoalan yang satu ini tidak kalah pentingnya. Sering kita dengar, kebanyakan alasan seorang karyawan resign dari suatu perusahaan bukan dikarenakan perusahaan tersebut, melainkan lebih dikarenakan atasannya. Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui terlebih dahulu seperti apa hubungan atasan-bawahan dalam suatu perusahaan sebelum masuk ke perusahaan itu.

Begini pengakuan salah seorang mantan karyawan Bank Mandiri:

Adanya sistem atasan dan bawahan. Sehingga terjadi senioritas yang berdampak kurang baik dalam suasana kerja.” – Mantan Customer Service, Jawa Barat

4. Penempatan kerja

Risiko bekerja di perusahaan dengan cabang yang tersebar di seluruh Indonesia adalah, karyawan diminta untuk bersedia ditempatkan di mana saja. Hal ini bahkan ditanyakan dalam sesi interview kerja di Bank Mandiri.

Interview Bank Mandiri

Coba disiapkan jawabannya. Siapkah Anda untuk jauh dari keluarga?

5. Seleksi masuk

Setelah mengetahui empat poin di atas, mungkin Anda masih penasaran, seperti apa tingkat kesulitan untuk diterima di Bank Mandiri.

Menurut beberapa karyawannya, proses seleksi Bank Mandiri cukup panjang—dimulai dari ujian tertulis, ujian bakat/kepribadian, group discussion, interview HR, interview user, interview Bahasa Inggris, serta medical check up.

Dalam tulisan ini, Jobplanet juga ingin berbagi bocoran bagi para pembaca yang sedang atau akan menghadapi seleksi interview di Bank Mandiri. Di sini Anda bisa menemukan kisi-kisi pertanyaan interview yang bisa membantu persiapan Anda sebelum bertemu dengan HR atau calon bos Anda di Bank Mandiri.

Semoga bermanfaat!

 

Comments

comments