Wah, Ternyata Urutan Kelahiran Memengaruhi Gaya Kerja Anda!

Urutan Kelahiran Memengaruhi Gaya KerjaTahukah Anda, bahwa urutan kelahiran bisa berdampak pada gaya kerja dan juga pilihan karier seseorang? Memang sangat jarang pewawancara yang menanyakan urutan kelahiran Anda. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa urutan kelahiran seseorang mempengaruhi karakter dan kesuksesan seseorang.

Anda tak percaya? Coba cocokkan, apakah penjabaran tentang gaya kerja Anda berdasarkan urutan kelahiran di bawah ini sesuai dengan diri Anda?

Anak Sulung

Di lingkungan kerja, anak pertama dilihat sebagai karyawan yang sangat dominan. Tingkat pencapaian mereka sangat tinggi dan mereka tampak menonjol dibandingkan dengan rekan-rekan kerja lainnya. Biasanya, Si Sulung adalah pribadi yang terorganisir dan juga dapat diandalkan oleh rekan kerja maupun atasan karena mereka memiliki ketelitian dan keinginan untuk berkembang.

Namun hati-hati! Ternyata anak pertama juga sering dianggap bossy oleh rekan-rekan kerjanya. Hal ini terjadi karena ia terbiasa memerintah dan memberi nasihat kepada adik-adiknya. Jika dikendalikan dengan baik, sifat bossy ini dapat membantu dalam perjalanan karier Si Sulung.

Anak Tengah

Anak kedua—yang menjadi anak tengah ketika anak ketiga lahir—hampir selalu bertolak belakang dengan anak pertama. Jika anak pertama terorganisir dan pandai dalam pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan ketelitian, maka anak tengah umumnya lebih baik dalam pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan kreativitas. Mereka juga dikenal sebagai negosiator yang baik. Walau sering dipandang sembrono, anak tengah dapat dipercaya, terutama dalam memberikan informasi. Sifat mudah bergaul yang dimilikinya membuat ia tak kesulitan mendapatkan teman di tempat kerja.

Anak Bungsu

Anak bungsu menonjol karena sifat kompetitifnya di lingkungan kerja. Mereka sangat menyukai pujian dan apresiasi dari atasan maupun rekan kerjanya. Di lingkungan kerja, mereka mampu membaca keadaan dan mampu bekerja secara individual maupun dalam tim. Menurut penelitian, anak bungsu dikenal sebagai komunikator yang baik dan senang memberikan perhatian kepada rekan-rekan kerjanya. Meski sering menunjukkan sikap manja, namun Si Bungsu biasanya selalu ada jika rekannya memerlukan bantuan.

Anak Tunggal

Anak tunggal kurang lebih memiliki gaya kerja seperti Si Sulung. Hanya saja, mereka memiliki sensitivitas yang lebih tinggi dan sifat perfeksionis yang sangat menonjol dalam setiap pekerjaannya.

Perlu Anda ketahui, gaya kerja berdasarkan urutan kelahiran di atas dapat saja tidak berlaku pada Anda. Pasalnya, karakter setiap orang dipengaruhi oleh beragam faktor, bukan hanya berdasarkan urutan kelahiran. Nyatanya karakter seseorang juga dipengaruhi oleh lingkungan keluarga, pendidikan, serta berbagai faktor sosial lainnya.

Bagaimana dengan Anda? Apakah urutan kelahiran Anda turut memengaruhi gaya kerja Anda sesuai dengan penjabaran di atas?

Comments

comments