Survei Jobplanet: Banyak Wanita Sudah Berkiprah di Bidang TI

Jobplanet juga melakukan riset mengenai rata-rata gaji beragam profesi TI di Indonesia berdasarkan posisi mereka di perusahaan, yakni karyawan pada level staf dan manajer.

 

karyawan di bidang TI

Jakarta, 16 Maret 2017 – Penerapan Teknologi Informasi (TI) sudah menjadi perhatian setiap perusahaan dan pelaku bisnis di masa kini. Bukan hanya untuk menunjang kelancaran bisnis dan operasional perusahaan, TI juga mempermudah penyimpanan dan pengolahan data untuk menunjang proses pengambilan keputusan dan perencanaan strategi perusahaan. Oleh karena itu, tak heran jika kebutuhan akan tenaga kerja yang mumpuni di bidang TI—baik pria maupun wanita—semakin tinggi.

Berdasarkan penelusuran di situsnya, Jobplanet (Jobplanet.com), platform komunitas online yang menampilkan berbagai informasi seputar perusahaan dan dunia kerja, mengelompokkan beberapa profesi di bidang TI sesuai dengan ranah kerjanya. Dari survei yang dilakukan sejak Januari 2016 hingga Februari 2017 melalui situsnya, Jobplanet juga melakukan riset untuk menganalisis rata-rata gaji setiap profesi TI berdasarkan posisi karyawan di perusahaan, yakni karyawan pada level staf dan manajer.

Temuan menarik: kebanyakan responden adalah karyawan TI wanita

Dalam survei ini, Jobplanet melibatkan responden karyawan pria dan wanita yang bekerja di bidang TI. Mereka tersebar di seluruh Indonesia. Hal yang cukup menarik adalah, karyawan wanita mendominasi survei yang dilakukan Jobplanet kali ini. Dari 7.500 orang responden karyawan TI yang ikut serta dalam survei melalui Jobplanet.com, sebanyak 64% di antaranya adalah wanita dan sisanya, yakni 36%, adalah pria.

“Jika menilik lebih dalam lagi informasi yang terkumpul di Jobplanet.com, responden karyawan wanita mendominasi beberapa bidang profesi TI, yakni bidang Graphic Design, Digital Content, Project Management, Data Analysis, dan IT Quality Assurance,” ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

Sebagai gambaran, perbandingan jumlah karyawan wanita dan pria yang bekerja di bidang Graphic Design dalam survei Jobplanet adalah sebesar 65:35, Digital Content sebesar 63:37, Project Management sebesar 62:38, Data Analyst sebesar 59:41, dan perbandingan karyawan wanita dan pria di bidang IT Quality Assurance sebesar 55:45.

“Dulu, bidang TI sering dipandang sebagai bidang yang didominasi oleh pria. Namun, survei Jobplanet ini menunjukkan bahwa saat ini sudah banyak pula wanita di Indonesia yang berkiprah di bidang TI. Hal ini juga menunjukkan bahwa banyak perusahaan sudah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada karyawan wanita untuk mengisi posisi-posisi penting di bidang TI,” ujar Kemas.

Rata-rata gaji beragam profesi TI

Berdasarkan survei, Jobplanet menganalisis rata-rata gaji profesi TI menurut posisi karyawan di perusahaan. Sebagai informasi, dari seluruh karyawan TI yang menjadi responden, sebanyak 79% bekerja pada level staf dan 21% bekerja pada level manajer.

Di bawah ini adalah tabel rata-rata gaji karyawan TI di Indonesia, dari level staf dan manajer. Nilai yang tertera merupakan rata-rata gaji bersih yang diterima karyawan setiap bulan, belum termasuk dengan bonus dan tunjangan.

Rata-rata gaji profesi TI

Profesi-profesi di atas memiliki rentang gaji yang cukup lebar. Sebagai contoh, rentang gaji Staf Application Developer dimulai dari Rp1.200.000 – Rp27.000.000, rentang gaji Staf Project Management adalah Rp1.300.000 – Rp30.000.000, dan rentang gaji Staf System Engineer dimulai dari Rp1.000.000 – Rp26.500.000.

Sementara pada level manajer, rentang gaji yang ada lebih besar lagi. Gaji Manajer UI/UX, misalnya, dimulai dari Rp3.000.000 – Rp30.000.000. Rentang gaji Manajer Information System adalah Rp2.500.000 – Rp50.000.000, dan rentang gaji Manajer IT Quality Assurance dimulai dari Rp3.500.000 – Rp50.000.000.

“Tentunya setiap perusahaan memiliki standar pengupahan karyawan yang berbeda-beda, tergantung pada kemampuan perusahaan, lokasi dan jenis perusahaan, serta kualifikasi dan kompetensi karyawan. Jobplanet berharap hasil riset ini dapat menjadi acuan bagi para pencari kerja di bidang TI dalam mengukur potensi mereka, serta membantu mereka dalam menggapai karier terbaik sesuai dengan kompetensi mereka,” pungkas Kemas.

– SELESAI –

Tentang Jobplanet
Jobplanet merupakan platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan. Jobplanet menyajikan beragam informasi tentang dunia kerja dari segala sisi, termasuk review perusahaan, informasi gaji, kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara kerja, serta informasi lowongan kerja.

Comments

comments