Suka Duka Bekerja di Perusahaan Tambang

Suka Duka Bekerja di Perusahaan Tambang

Bagi sejumlah orang, bekerja di industri tambang merupakan impian atau bahkan gambaran masa depan karier yang sempurna. Profesi yang terbilang keren serta gaji yang konon tinggi menjadi alasan banyak orang ingin berkarier di industri tersebut. Nyatanya, untuk bekerja di perusahaan tambang—baik BUMN maupun multinasional—tidaklah mudah. Tak hanya harus bekerja keras, Anda pun harus memiliki mental yang kuat.

Nah, sebelum Anda memutuskan untuk terjun ke industri tambang, simak dulu bagaimana pengalaman suka dan duka para karyawan yang bekerja di perusahaan tambang:

  • Gaji dan tunjangan yang menggiurkan

Inilah salah satu kelebihan menjadi pekerja tambang. Beratnya tanggung jawab pekerjaan yang mereka emban sebanding dengan gaji yang mereka dapatkan. Rata-rata pekerja tambang bisa menerima gaji hingga dua digit setiap bulannya. Bahkan, sejumlah perusahaan tak segan menawarkan gaji tinggi bagi fresh graduate.

Suka Duka Bekerja di Perusahaan Tambang

Selain gaji, risiko kerja yang tinggi membuat para pekerja tambang mendapatkan berbagai macam fasilitas serta tunjangan yang lengkap dan bernilai besar, terutama mereka yang bekerja di lapangan.Angka di atas merupakan gaji rata-rata yang diterima untuk level staf dan manager. Jika penasaran, Anda bisa melihat kisaran gaji untuk posisi lainnya di sini.

 “Health assurance, life assurance, Jamsostek, employee savings plan, pension plan (DPLK), transportation, house (dormitory), bonus (profit sharing), leave allowance, remote allowance, flight allowance.” – Karyawan Manufaktur Perusahaan Tambang di Sulawesi Selatan

“Fasilitas yang diberikan kepada pegawai cukup banyak dan meningkatkan quality of life di site.” – Mantan Karyawan Engineering Perusahaan Tambang di Papua

  • Profesi yang bergengsi

Sejak dulu, tambang memang menjadi salah satu sektor industri yang banyak diminati pencari kerja. Diterima di perusahaan tambang pun otomatis dapat menaikkan gengsi seseorang, karena itu berarti ia telah berhasil mengalahkan ribuan pesaing terlepas dari rangkaian seleksi masuknya yang tidak mudah.

Di mata masyarakat awam, seseorang yang bekerja di industri pertambangan juga dianggap sebagai orang yang cerdas, memiliki mental dan fisik yang kuat, karier yang menjanjikan, serta penghasilan yang besar. Tak heran, jika banyak fresh graduate maupun karyawan berpengalaman yang bermimpi untuk bekerja di perusahaan tambang.

  • Jauh dari keluarga

Untuk menjadi pekerja tambang—khususnya yang bertanggung jawab langsung di lokasi pengeboran—Anda harus siap ditempatkan di lokasi terpencil yang jauh dari dunia luar. Tentunya hal ini membuat Anda harus rela berpisah jauh dari keluarga untuk waktu yang cukup lama. Misalnya, hanya berkesempatan pulang setiap dua bulan sekali.

Ketika para pekerja kantoran dapat menghabiskan setiap akhir pekan bersama keluarga mereka, Anda belum tentu bisa melakukan hal yang sama. Anda mungkin hanya dapat berkomunikasi dengan keluarga melalui Internet saja. Itu pun jika lokasi tempat Anda bekerja memiliki kualitas jaringan yang bagus. Jika tidak, Anda harus ekstra sabar menahan rindu hingga tiba gilirannya pulang.

  • Risiko kerja tinggi

Pekerja tambang merupakan salah satu jenis pekerjaan yang memiliki risiko kecelakaan kerja yang lebih tinggi dibanding pekerjaan lainnya. Selain disebabkan oleh alam atau lingkungan, kecelakaan akibat kesalahan manusia juga bisa saja terjadi. Tidak sedikit pekerja tambang yang mengalami kecelakaan kerja yang menyebabkan cacat, bahkan nyawa melayang.

Meskipun perusahaan sudah menerapkan sistem kesehatan dan keselamatan kerja (K3) yang optimal, namun dibutuhkan kesadaran dari setiap pekerja untuk sangat berhati-hati saat mengoperasikan peralatan kerja, serta mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan. Kalau tidak, kesalahan kecil saja dapat membahayakan mereka.

“Lokasi berada di daerah yang sulit dijangkau, cenderung berisiko tinggi, membutuhkan nyali dan mental yang tangguh.” – Mantan Karyawan Engineering

“Lokasinya berada di daerah yang rawan, di mana karyawan merasa tidak nyaman.” – Karyawan Manufaktur

Nah, setelah Anda membaca suka dan duka di atas, sudahkah Anda siap untuk bekerja di perusahaan tambang?

Satu hal yang perlu Anda ingat, apapun profesinya dan di mana pun Anda bekerja, risiko pekerjaan akan selalu ada. Jadi, jika bekerja di perusahaan tambang merupakan impian Anda, risiko jauh dari keluarga dan kecelakaan kerja seharusnya sudah Anda pikirkan dengan matang. Yang terpenting, sebelum Anda melamar di suatu perusahaan, pastikan untuk terlebih dahulu mencari informasi tentang seluk-beluk perusahaan tersebut, mulai dari dari informasi lowongan kerja, review perusahaan, informasi gaji, hingga kisi-kisi interview-nya di Jobplanet.

Comments

comments