Siapa Saja yang Dimaksud dengan Fresh Graduate?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email tanya@jobplanet.com dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Anda juga bisa mendiskusikannya dengan rekan-rekan seprofesi di Forum Jobplanet.


Pertanyaan:

Saya mau tanya, siapa sih yang sebenarnya dimaksud dengan fresh graduate? Berapa lama waktu sejak lulus untuk seseorang masih dikategorikan sebagai fresh graduate? Apakah pelamar yang baru bekerja beberapa bulan pengupahannya akan disamakan seperti mereka yang baru lulus?

Mohon infonya.

 

https://goo.gl/49fjGs

 

Jawaban:

 

Definisi fresh graduate di Indonesia biasanya merujuk pada lulusan perguruan tinggi—baik jenjang diploma atau sarjana, yang baru lulus dalam periode kurang dari 6 bulan sejak diwisuda dan resmi mendapatkan ijazah. Lebih dari itu tentunya sudah tidak bisa dikategorikan sebagai fresh graduate lagi, terlepas dari apakah yang bersangkutan sudah bekerja atau belum.

Alasan kenapa pelamar yang baru bekerja dalam periode beberapa bulan pengupahannya kemudian disamakan dengan para fresh graduates adalah karena pengalaman kerja yang hanya beberapa bulan tersebut tidak akan membuat seorang kandidat memiliki kualifikasi yang jauh lebih unggul dibandingkan fresh graduates, sehingga tidak ada pembenaran untuk memberikan remunerasi yang lebih tinggi.

Kalaupun ada perbedaan, biasanya jumlahnya juga tidak akan terlalu signifikan. Selisihnya mungkin hanya berkisar 10% sampai 15%, atau malah kurang dari itu.

Setahu saya di beberapa perusahaan besar di Indonesia yang memiliki program Management Trainee (MT), gaji sedikit lebih tinggi diberikan untuk para peserta MT yang memiiliki ijazah dengan jenjang pendidikan lebih tinggi. Artinya, gaji lulusan S2 akan sedikit lebih tinggi dibandingkan gaji lulusan S1 selama mengikuti program tersebut.

Akan tetapi, selepas program MT, gaji dan paket remunerasi lainnya tentu akan menyesuaikan dengan prestasi kerja masing-masing. Jadi, tidak tertutup kemungkinan beberapa tahun setelahnya gaji seorang lulusan S1 bisa melampaui gaji rekannya yang lulusan S2 bila prestasi kerjanya memang gemilang, meskipun lulusan S2 tersebut awalnya mungkin mendapatkan gaji yang lebih tinggi.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments