Selain Menulis, 6 Hal Seru Ini Bisa Anda Nikmati Sebagai Seorang Jurnalis

jurnalis

Profesi jurnalis mempunyai peran penting sebagai penyampai informasi kepada publik. Tanpa mereka, siapa yang akan menyiapkan artikel-artikel untuk mengisi konten di media? Tapi faktanya, pekerjaan jurnalis bukan hanya menulis. Ada banyak hal seru dan menarik lain yang bisa Anda nikmati sebagai seorang jurnalis. Berikut ini enam di antaranya:

1. Bertemu dengan orang-orang terkenal

Artikel-artikel yang harus dituntaskan oleh jurnalis sebelum deadline terkadang menuntut mereka untuk mewawancarai narasumber demi mendapat informasi yang lebih kredibel. Narasumber ini bisa jadi adalah para pakar teknologi, menteri atau pejabat penting, atau bahkan selebriti beken idola Anda.

2. Pengetahuan semakin luas

Untuk mengolah materi yang akan diangkat menjadi artikel, Anda diharuskan melakukan banyak riset dan banyak membaca. Dengan begini, otomatis pengetahuan Anda akan semakin luas. Nah, karena selalu mengikuti berita-berita terkini, alhasil saat sedang kumpul bersama teman-teman lama Anda bisa banyak sharing info yang Anda ketahui. Jadi, jangan kaget kalau kemudian Anda dipandang sebagai sumber referensi berita andalan mereka.

 3. Free pass ke acara-acara seru

Salah satu asyiknya jadi jurnalis adalah ketika ditugaskan untuk meliput acara-acara seperti, konser musik, premiere film terbaru, dan sebagainya. Bukan cuma bertemu musisi, pemain film, atau artis-artis lainnya, tapi foto-foto selama acara bisa dengan bangga Anda pampang di media sosial.

4. Liputan mewah

Saat sedang liputan, tidak jarang Anda disuguhi makanan-makanan yang lezat dan bervariasi. Apalagi acara liputan biasanya diadakan di kafe dan restoran ternama atau hotel berbintang. Anda jadi tahu bagaimana rasanya makan di tempat-tempat mewah tersebut. Nah, kalau ada launching restoran baru, Anda bisa jadi yang pertama mencicipi menu di sana.

5. Jalan-jalan ke luar negeri

Undangan liputan untuk jurnalis tidak cuma di dalam negeri saja lho. Kalau Anda adalah jurnalis berprestasi di media yang memiliki reputasi bagus, Anda bisa ditugaskan untuk meliput kegiatan di luar negeri. Contohnya, kunjungan ke perusahaan teknologi global atau liputan acara konferensi. Di sana Anda bukan cuma bisa jalan-jalan, tapi juga bertemu dan berkenalan dengan rekan-rekan sesama jurnalis dari negara lain. Seru, kan?

6. Menang door prize, kalau beruntung

Acara-acara seperti peluncuran produk biasanya diakhiri dengan pembagian door prize oleh pihak penyelenggara. Bayangkan kalau yang Anda hadiri adalah acara peluncuran smartphone terbaru. Jika beruntung Anda bisa membawa pulang smartphone gratis! Sudah jadi yang pertama tahu soal teknologi terbaru, Anda juga bisa jadi orang pertama yang punya gadget gres tersebut.

Jurnalis sering dianggap sebagai profesi yang bergaji rendah. Tapi bisa jadi itu hanya sebatas stereotip yang ada di masyarakat, karena seberapa besar gaji jurnalis bergantung pada reputasi dan tingkat kemapanan perusahaan medianya. Jadi untuk mendapat informasi yang lebih meyakinkan, langsung saja kunjungi Jobplanet dan temukan berapa gaji yang ditawarkan masing-masing perusahaan media kepada para karyawannya.

Comments

comments