Saat Anda Menunggu Hasil Interview dari HRD, Inilah yang Sebenarnya Terjadi

Menunggu Hasil Interview dari HRD

Pernahkah Anda menjalani interview di sebuah perusahaan, tapi setelah berminggu-minggu berlalu Anda tak kunjung mendapatkan kabar dari HRD? Meski Anda sudah rajin mengecek ponsel serta email inbox berikut kotak spam-nya, nyatanya memang tak pernah ada panggilan telepon ataupun offer letter dari perusahaan yang bersangkutan. Akhirnya, Anda yang awalnya percaya diri pun mulai gelisah.

Tahukah Anda? Sebenarnya ada beberapa hal yang mungkin terjadi ketika Anda tengah menantikan kabar hasil interview dari HRD. Berikut beberapa di antaranya:

  • Perusahaan sedang menyeleksi kandidat lain

Ketika posisi yang tersedia di sebuah perusahaan terbatas, namun jumlah pelamarnya banyak, tentu tim recruiter membutuhkan waktu yang tidak sebentar untuk memilih kandidat yang terbaik. Oleh karena itu, jika Anda termasuk salah satu kandidat awal, Anda harus sedikit bersabar untuk menantikan keputusan dari HRD.

Lalu, bagaimana kalau kandidat lain sudah menerima email penolakan, namun Anda masih dibiarkan menunggu? Nah, jika kondisinya demikian, maka ada kemungkinan perusahaan tersebut belum cukup puas dengan beberapa kandidat lainnya, sehingga mereka masih mencari kandidat lain yang lebih memenuhi kriteria. Dengan kata lain, Anda masih masuk dalam pertimbangan mereka.

  • Perusahaan masih mempertimbangkan gaji

Tak ada salahnya berpikir positif selama menunggu kabar hasil interview dari HRD. Pasalnya, bisa jadi Anda sebenarnya merupakan kandidat yang cukup kuat, bahkan mungkin satu-satunya yang paling tepat untuk posisi tersebut. Namun, perusahaan masih memperhitungkan besar gaji yang akan ditawarkan untuk Anda.

Ingat, kualifikasi kandidat bukan satu-satunya pertimbangan perusahaan ketika memilih calon karyawan. Kandidat yang sebenarnya kompeten bisa saja terpaksa ditolak karena perusahaan tidak mampu memenuhi permintaan gajinya. Itulah sebabnya Anda disarankan untuk mengecek Jobplanet untuk mengetahui berapa standar gaji untuk posisi yang akan Anda isi di perusahaan yang Anda tuju.

  • Perusahaan tidak berencana untuk memberi kabar

Jumlah kandidat yang banyak terkadang membuat HRD kelimpungan. Alhasil, mereka tidak sempat mengabari kandidat yang gagal dalam proses recruitment. Mereka mungkin beranggapan bahwa tanpa email pemberitahuan, kandidat bisa menyimpulkan status dan hasil wawancaranya di perusahaan tersebut. Padahal, tidak semestinya demikian.

Sebagaimana yang pernah disampaikan Haryo Suryosumarto selaku pakar HRD di Jobplanet, mengingat para kandidat telah meluangkan waktu untuk melamar ke perusahaan, maka sebagai bentuk penghargaan setidaknya pihak HRD meluangkan waktu untuk memberikan update mengenai status terakhir lamaran kerja si kandidat.

Nah, apabila saat ini Anda sedang dalam ketidakjelasan karena menunggu kabar hasil interview dari HRD, Anda bisa mencoba mengirimkan email kepada HRD untuk menanyakan hasil interview Anda. Contoh email tersebut dapat dilihat di sini.

Comments

comments