Ragu dengan Prospek Karier Jurusan Kuliah Anda? Baca Ini Dulu!

Jurusan yang diambil pada saat kuliah diyakini dapat menentukan masa depan karier seseorang. Banyak calon mahasiswa memilih jurusan kuliahnya berdasarkan prospek suatu bidang, yang dipandangnya bakal menjanjikan di masa depan. Misalnya, jurusan yang bisa menuntunnya pada profesi dengan jenjang karier dan pendapatan yang tinggi. Sayangnya, tidak semua orang beruntung bisa diterima di jurusan yang ia harapkan. Akhirnya, ia pun menjalani kuliah yang kurang diminatinya dengan tanpa motivasi karena ragu dengan masa depannya.

Nah, di sini Jobplanet akan berbagi tips untuk Anda—baik mahasiswa yang tengah menjalani semester terakhirnya maupun fresh graduate—yang merasa kurang yakin dengan prospek karier jurusan kuliah Anda.

  1. Kenali diri Anda terlebih dahulu

Sebelum memutuskan untuk memilih sebuah jurusan, sebaiknya kenali diri Anda terlebih dahulu. Bidang apa yang benar-benar Anda sukai? Jangan tertarik pada suatu bidang hanya karena melihat prospeknya yang cerah. Anda pun perlu menanyakan pada diri Anda sendiri, jika Anda memilih bidang tersebut, apakah Anda akan sanggup menjalani perkuliahannya?

Nah, jika bidang kuliah yang Anda ambil saat ini terlihat kurang cerah prospeknya, jangan khawatir. Cobalah gali potensi lain yang Anda miliki untuk membantu Anda memetakan kemungkinan karier Anda di masa depan, selain karier yang dapat Anda geluti dari bidang perkuliahan Anda. Misalnya, Anda merasa memiliki potensi dalam mengajar, maka profesi dosen bisa menjadi salah satu pilihan untuk Anda.

  1. Pahami jurusan Anda

Mungkin Anda merasa ragu dengan prospek karier jurusan yang Anda tempuh karena Anda sendiri belum sepenuhnya memahami jurusan tersebut. Cobalah lakukan riset melalui Internet untuk mengetahui peluang kerja dari jurusan tersebut. Setelah itu, cobalah mencari tahu lowongan kerja apa saja yang terbuka untuk bidang yang tengah Anda pelajari. Salah satu sumber informasi lowongan kerja yang bisa Anda kunjungi misalnya Jobplanet.com. Dari situ, Anda bisa melihat perusahaan apa saja yang membuka kesempatan berkarier bagi profesi-profesi yang berhubungan dengan jurusan Anda.

  1. Asah soft skill

Jurusan kuliah bukan satu-satunya pertimbangan perusahaan dalam merekrut karyawan. Bahkan, sering kali mereka hanya mengutamakan pengalaman yang relevan yang dimiliki pelamar. Pengalaman itupun tak hanya berbentuk hard skill, tapi juga soft skill. Dengan mengasah soft skill, Anda pasti bisa menghadapi ketatnya persaingan di dunia kerja, terlepas dari prospek jurusan yang Anda jalani.

  1. Perluas networking

Networking kini tidak hanya menjadi salah satu strategi untuk memperluas bisnis, tapi juga bermanfaat untuk menunjang karier seseorang. Melalui networking, Anda pun bisa saja lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan. Meski jurusan Anda dianggap memiliki peluang kerja yang terbatas, namun dengan networking yang luas, kesempatan Anda untuk meraih karier yang cemerlang bisa jadi lebih besar.

  1. Diskusi dengan alumni

Kisah sukses orang lain dapat menjadi salah satu solusi untuk mematahkan keraguan akan jurusan yang Anda jalani. Cobalah berdiskusi dengan para alumni jurusan Anda. Dari mereka, Anda bisa mendapat gambaran mengenai peluang karier Anda di masa depan. Bahkan, tidak menutup kemungkinan mereka juga bisa membantu Anda mendapatkan pekerjaan. Misalnya, dengan merekomendasikan Anda pada perusahaan tempat mereka bekerja.

Setelah membaca tips di atas, semoga Anda tak lagi khawatir dengan masa depan karier Anda. Asalkan Anda mau berusaha dan tidak berputus asa, pasti Anda bisa membangun karier yang cerah, terlepas dari apa jurusan kuliah yang Anda jalani. Apa lagi saat ini informasi lowongan kerja sudah semakin mudah untuk didapatkan. Salah satunya melalui situs Jobplanet. Untuk itu, tetaplah semangat!

Comments

comments