Punya Bos Seperti Reza Rahadian dalam Film My Stupid Boss? Begini Cara Menyikapinya

Tipe bos seperti apa sih yang paling disenangi karyawan? Bos yang baik, tidak pernah marah, berwibawa, mau mendengarkan karyawannya, dan masih banyak lagi. Namun, sering kali kenyataan di dunia kerja tidak selalu seperti yang kita harapkan. Nah, bagaimana kalau Anda dipimpin oleh sosok atasan seperti dalam film My Stupid Boss?

my stupid boss

My Stupid Boss menceritakan sosok “Bossman” yang diperankan oleh Reza Rahadian, orang Indonesia yang memimpin sebuah perusahaan di Malaysia. Sayangnya, setiap hari seluruh karyawan perusahaan tersebut diuji kesabarannya karena sifat Bossman yang selalu merasa paling benar. Alhasil, kekacauan pun tak terelakkan.

Tipe bos yang selalu merasa paling benar memang kerap membuat jengkel. Oleh karena itu, untuk menyikapinya, ikuti langkah bijak berikut ini:

  • Setiap kali akan masuk kantor, siapkan diri Anda agar tidak mudah terpancing saat Si Bos sedang ‘bertingkah’. Menanggapinya dengan emosi hanya akan menjadi bumerang yang akan merugikan karier Anda.
  • Jika Anda punya pendapat yang berseberangan dengan Si Bos, jangan pernah takut untuk mengutarakannya. Selama Anda bisa memberikan alasan yang kuat bahwa masukan Anda adalah untuk kepentingan perusahaan, semestinya, mau tak mau ia akan mengalah.
  • Selalu catat setiap tugas dan perintah dari bos, serta kerjakan dengan teliti. Ia sudah cukup senang menjadikan orang lain sebagai kambing hitam, jadi tidak usah lagi menambah alasannya untuk menyalahkan Anda.
  • Simpan atau jika perlu screenshot pesan dari bos yang Anda terima secara tertulis. Apabila sewaktu-waktu bos Anda mengaku pernah mengatakan A padahal nyatanya B, dokumentasi tersebut bisa menjadi amunisi yang akan menolong Anda.
  • Peristiwa tidak mengenakkan yang Anda alami bersama bos tak perlu dibawa ke luar kantor. Bersikaplah profesional dengan tidak membicarakannya di media sosial. Tindakan ini bukan hanya bisa memperburuk citra bos dan perusahaan, tapi juga membahayakan karier Anda sendiri!

Meski di satu sisi mempunyai pemimpin yang menjengkelkan bisa membuat seseorang belajar sabar, serta makin kuat dan mampu bersikap bijak, namun sebisa mungkin setiap karyawan pasti ingin menghindarinya.

Jika Anda sedang dalam proses rekrutmen untuk masuk ke sebuah perusahaan, Anda dapat mengakses Jobplanet.com untuk menemukan ulasan para karyawan mengenai seluk beluk perusahaan tersebut. Dengan begitu, Anda jadi bisa bersiap-siap jika ternyata Anda akan dipimpin oleh seorang “Bossman”.

Comments

comments