Pilihan Karier untuk Empat Tipe Kepribadian

karier untuk empat tipe kepribadian

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Tipe kepribadian bisa dibagi menjadi empat, yaitu Sangunis, Melankolis, Koleris, dan Plegmatis. Demi meraih karier terbaik, Anda disarankan menjalani pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian tersebut. Nah, untuk mengungkap pekerjaan apa yang cocok untuk Anda, simak di bawah ini pilihan karier berdasarkan empat kepribadian manusia.

1. Sanguinis

Tipe sanguinis terdiri dari orang-orang yang pandai bergaul. Mereka percaya diri, senang berbicara, serta bisa menjadi sosok teman yang menyenangkan. Hal ini membuat mereka cocok dengan pekerjaan yang berhubungan dengan orang lain.

  • Public Relations (PR)

Tanggung jawab seorang PR adalah menjaga reputasi perusahaan di depan masyarakat. Untuk itu, perusahaan butuh orang-orang dengan karakter sanguinis untuk mengisi posisi ini.

  • Marketing atau Sales

Meski sebenarnya merupakan dua profesi yang berbeda, namun di beberapa perusahaan Marketing dan Sales dianggap sama, yakni memromosikan dan menawarkan produk atau jasa kepada calon konsumen. Tentunya untuk bisa menjalani tugas ini dibutuhkan karakter-karakter sanguinis dalam diri Anda.

  • Entertainer

Untuk menjadi seniman yang penampilannya ditonton publik, Anda harus punya kepercayaan diri yang tinggi. Nah, kelebihan ini biasanya dimiliki oleh seorang sanguinis karena, bagaimana Anda mampu menghibur orang lain jika Anda tidak cukup pede?

2. Melankolis

Seorang melankolis merupakan kebalikan dari sangunis. Ia tidak terlalu banyak bersosialisasi atau cenderung introvert. Meski demikian, ia merupakan seorang pengamat yang baik. Karenanya, orang melankolis lebih cocok dengan pekerjaan-pekerjaan berikut:

  • Penulis

Seorang penulis lebih banyak bermain dengan ide dan riset. Orang sanguinis dipastikan tidak akan nyaman dengan pekerjaan ini karena hanya berkutat dengan data dan tulisan. Tapi jika Anda orang yang melankolis, pilihan karier satu ini bisa menjadi pertimbangan Anda.

  • Analis

Kemampuan seorang melankolis dalam melakukan analisis dan riset yang mendalam bisa menjadi modal bagi dia untuk melakoni profesi analis. Contohnya, market analyst yang dituntut untuk mampu mengumpulkan dan mengolah data, tanpa diharuskan melakukan banyak interaksi dengan orang lain.

  • Akuntan

Sebagai Akuntan, sebagian waktu Anda dihabiskan dengan menghadapi angka-angka di layar komputer. Jika Anda mudah merasa bosan serta tidak memiliki karakter yang fokus dan teliti seperti si melankolis, ada baiknya Anda berpikir ulang untuk menjalani profesi ini.

3. Koleris

Orang dengan tipe kepribadian koleris biasanya dominan. Sifat dasarnya adalah mengatur. Umumnya orang-orang koleris adalah pekerja keras dan selalu menyibukkan diri dengan berbagai kegiatan. Pekerjaan atau posisi mereka dalam pekerjaan pun biasanya menantang.

  • Entrepreneur

Tidak semua orang punya keinginan menjadi entrepreneur. Apalagi pekerjaan ini cukup berisiko serta belum tentu memberikan penghasilan yang tetap setiap bulannya. Namun, seorang koleris justru melihat ini sebagai tantangan sehingga banyak dari mereka yang memilih karier sebagai entrepreneur.

  • Pemimpin perusahaan

Jiwa memimpin yang dimiliki seorang koleris akan memudahkan jalannya untuk menduduki jabatan tinggi di sebuah perusahaan. Sifatnya yang mendominasi membuatnya disegani oleh orang-orang di lingkungan kerja.

  • Motivator

Seorang koleris biasanya punya pengaruh yang kuat dalam kelompoknya. Itulah mengapa selain sebagai pemimpin, sifat ini juga bisa menjadikannya sebagai motivator yang andal, karena apa yang disampaikan atau dicontohkan olehnya mampu meyakinkan orang lain.

4. Plegmatis

Orang dengan tipe yang terakhir ini bisa dibilang merupakan pribadi yang tenang dan penyabar. Orang plegmatis juga merupakan pendengar yang baik. Ia adalah sosok yang bisa diandalkan sehingga sangat cocok dengan pekerjaan-pekerjaan berikut:

  • Customer service

Customer service memegang peranan penting dalam menangani keluhan konsumen. Konsumen tentunya berharap didengarkan serta mendapatkan solusi atas keluhannya. Sosok plegmatis bisa mengisi posisi ini karena sifatnya yang mampu menenangkan.

  • Guru

Menjadi tenaga pengajar tidak hanya menuntut ilmu pengetahuan dan gelar, tapi juga kesabaran ekstra. Anda harus memahami karakter dan tingkah laku anak-anak yang beragam. Beruntungnya bagi orang-orang plegmatis ini adalah keahlian mereka.

  • Konselor

Anda tentu ingat dengan guru BK alias guru bimbingan konseling saat di bangku sekolah dulu. Salah satu tugas pokok guru BK adalah menangani permasalahan para peserta didik yang otomatis menuntut karakter-karakter seorang plegmatis.

Jadi, apa karier yang sesuai dengan kepribadian Anda?

Apapun pilihan karier serta perusahaan yang Anda tuju, pastikan untuk selalu mencari informasinya terlebih dahulu di Jobplanet. Di sana, Anda bisa membandingkan berbagai perusahaan, mulai dari budayanya, jenjang karier, hingga gaji dan benefit.

Comments

comments