Pilih Kerja di BUMN atau Swasta?

bumn atau swasta

Setiap saat, ada ribuan orang yang berebut untuk bekerja di perusahaan BUMN, meskipun seleksinya terbilang sulit dan cenderung memakan waktu lama. Hal ini dikarenakan adanya asumsi bahwa bekerja di BUMN memberikan lebih banyak benefit ketimbang bekerja di perusahaan swasta. Nyatanya, kerja di perusahaan swasta pun tidak kalah menguntungkan karena ada beberapa hal di perusahaan swasta yang sulit atau bahkan tidak bisa Anda dapatkan di BUMN.

Nah, agar tidak penasaran, berikut adalah beberapa perbedaan antara bekerja di BUMN dengan di perusahaan swasta:

1. Budaya Kerja

Karena BUMN adalah perusahaan pemerintah, budaya kerjanya cenderung lebih kaku dan formal dibandingkan perusahaan swasta. Karena memiliki birokrasi yang tinggi, umumnya pola komunikasi di BUMN juga lebih tertutup dibandingkan swasta. Biasanya perusahaan swasta memiliki nilai kekeluargaan yang lebih tinggi dan komunikasi yang lebih terbuka dibandingkan BUMN.

2. Gaji dan Tunjangan

Soal gaji, baik karyawan BUMN maupun swasta sebenarnya bisa dibilang bersaing. Tapi, salah satu alasan orang berlomba-lomba untuk masuk ke perusahaan BUMN adalah karena gaji dan tunjangan yang disebut-sebut lebih tinggi. Bahkan di beberapa perusahaan BUMN, gaji staf entry level bisa setara dengan gaji level supervisor atau karyawan yang sudah berpengalaman di perusahaan swasta.

customer service garuda

customer service lion air

Masih penasaran? Anda bisa melihat range gaji di perusahaan BUMN lainnya di sini.

3. Jenjang Karier

Mengingat tingginya birokrasi di BUMN, maka peningkatan karier di sana tidak semudah di perusahaan swasta. Bekerja di perusahaan swasta memberikan peluang yang lebih besar bagi Anda untuk mengembangkan karier, karena Anda dituntut untuk bekerja kreatif, berprestasi, dan menunjukkan kinerja terbaik. Karena itu, perusahaan swasta sangat tepat bagi Anda yang suka dengan tantangan.

4. Work-life balance

Jika Anda mencari perusahaan dengan work-life balance yang bagus, maka BUMN bisa menjadi pilihan Anda. Beban kerja di BUMN lebih ringan dibandingkan perusahaan swasta. Sedangkan perusahaan swasta cenderung lebih dinamis dan Anda bisa bekerja lebih dari sembilan jam. Meski begitu, tidak sedikit juga perusahaan swasta yang memiliki work-life balance yang bagus. Nah, agar tidak salah pilih, silakan temukan info lengkapnya di sini.

engineer pt cipta niaga gas

Itu tadi beberapa perbedaan antara perusahaan BUMN dengan swasta. Masing-masing perusahaan memiliki kelebihan dan kekurangannya, jadi Anda tinggal menentukan poin apa yang Anda prioritaskan. (chk/wid)

 

gaji-startup

Comments

comments