Pilih yang Mana? Perusahaan Besar dengan Gaji Kecil atau Perusahaan Kecil dengan Gaji Besar?

perusahaan besar dengan gaji kecil atau perusahaan kecil dengan gaji besar

Mendapat pekerjaan di perusahaan besar dan ternama tentu menjadi kebanggaan tersendiri, terutama bagi fresh graduate yang baru mencicipi dunia kerja. Gengsi bisa menjadi salah satu alasannya. Namun tentunya banyak pula yang memang mengincar pengalaman, ilmu, serta relasi yang luas di perusahaan besar.

Nah, tapi bagaimana jika Anda mendapat tawaran dengan gaji yang lebih tinggi, namun di perusahaan kecil yang baru merintis dan belum memiliki nama? Mana yang harus Anda pilih? Dan yang tak kalah penting, apakah perusahaan besar sudah pasti lebih baik dari perusahaan kecil?

Sebelum Anda memutuskan, mari kita tinggalkan sementara persoalan gaji dan kaji lebih dalam mengenai keuntungan bekerja di masing-masing perusahaan:

Perusahaan Besar

  1. Bagus untuk CV. Jika Anda hendak mencari pekerjaan baru, adanya nama perusahaan terkemuka dengan reputasi yang baik pada CV Anda akan membuat Anda lebih diperhitungkan oleh recruiter. Boleh dibilang, jalan Anda untuk mendapat pekerjaan baru jadi lebih dimudahkan. Terlebih jika didukung dengan surat rekomendasi dari perusahaan.
  1. Memperkuat networking. Perusahaan mapan yang sudah cukup lama berdiri biasanya menjalin kemitraan yang luas. Mereka juga memiliki jumlah karyawan yang banyak, sehingga menguntungkan Anda dalam menjalin relasi. Relasi atau networking yang kuat di awal karier akan membuka pintu kesuksesan Anda di masa yang akan datang.
  1. Mendapat pelatihan. Demi menciptakan karyawan-karyawan berkulitas, perusahaan-perusahaan besar umumnya kerap mengadakan kegiatan atau pelatihan rutin untuk pengembangan diri karyawannya. Berbekal pelatihan-pelatihan tersebut, Anda pun jadi lebih siap menghadapi tantangan di dunia kerja.

Perusahaan Kecil

  1. Kontribusi yang nyata. Di perusahaan kecil, jumlah karyawan yang sedikit membuat sekecil apapun pekerjaan yang Anda lakukan untuk perusahaan tampak lebih nyata. Kondisi ini biasanya akan membuat Anda selalu termotivasi untuk memberikan kontribusi lebih.
  1. Mudah menyampaikan ide. Perusahaan kecil tidak akan mempersulit Anda dengan birokrasi yang rumit. Setiap ide yang Anda miliki dapat dengan mudah sampai ke atasan, bahkan bisa langsung dieksekusi. Hal ini tentu akan membuat Anda cepat berkembang.
  1. Mendapat kebebasan untuk belajar. Program workshop atau pelatihan berskala besar memang sulit ditemui di perusahaan yang baru merintis. Akan tetapi, di sini Anda justru lebih leluasa untuk menggali ilmu. Selama Anda bersikap proaktif, banyak bertanya pada rekan kerja bahkan atasan, Anda akan meraih ilmu yang sangat berharga.

Sebagai fresh graduate, ada baiknya Anda jangan terlalu memusingkan gaji. Utamakanlah pengalaman dan juga relasi. Dengan melihat kelebihan masing-masing jenis perusahaan di atas, Anda bisa memutuskan mana yang lebih cocok untuk Anda. Tentu saja dengan didukung oleh informasi seluk beluk berbagai perusahaan yang bisa Anda temukan di Jobplanet.

Jika Anda berada dalam situasi di mana persoalan finansial menjadi pertimbangan utama, maka silakan Anda memilih perusahaan yang menawarkan bayaran lebih tinggi. Selama Anda berupaya maksimal untuk memberikan performa kerja terbaik, serta secara aktif berkontribusi dan membangun relasi, maka besar kecilnya perusahaan tak akan menjadi masalah buat Anda.

Semoga sukses!

gaji-startup

Comments

comments