Pentingnya Menata Meja Kerja

menata meja kerjaBagi sebagian orang, kerapian meja kerja mungkin terlihat sepele. Namun, bagaimana pun juga tindakan ini patut disadari oleh karyawan setiap perusahaan. Berikut empat alasan utama mengapa penting bagi karyawan untuk selalu menata meja kerjanya:

  • Memudahkan mencari barang

Anda tentu tidak ingin membuat bos Anda menunggu lama hanya karena dokumen yang dimintanya terselip di antara tumpukan dokumen lain di meja Anda. Nah, menata meja kerja otomatis akan memudahkan Anda menemukan barang-barang, terutama dalam keadaan mendesak.

  • Mengurangi stres

Waktu yang dihabiskan untuk mencari barang yang berserakan hanya akan membuat stres. Belum lagi jika Anda sudah cukup dipusingkan dengan beban pekerjaan yang sedang tinggi. Karena itu, sebaiknya atasi hal ini dengan mulai menyingkirkan hal-hal yang tidak perlu dari atas meja.

  • Memberikan kesan positif

Jika calon klien atau partner perusahaan datang ke kantor, tentunya mereka tidak ingin disambut dengan kondisi sebuah ruangan yang berantakan. Tanpa Anda sadari, kerapian meja kerja dapat merefleksikan profesionalisme bukan hanya seorang individu, tapi perusahaan secara keseluruhan.

  • Menciptakan lingkungan yang nyaman

Kebersihan dan kerapian suatu ruangan akan memberikan kenyamanan bagi siapapun yang menempatinya. Anda mungkin tidak terlalu mempersoalkan hal ini. Tapi mengingat dalam suatu perusahaan Anda tidak bekerja seorang diri, maka sudah selayaknya kenyamanan orang lain–dalam hal ini rekan kerja Anda–juga dipikirkan.

Bagi sebagian orang hal seperti ini cukup krusial karena berurusan dengan kenyamanan yang berujung pada produktivitas. Agar tidak kaget, sebelum memasuki sebuah perusahaan sebaiknya Anda ketahui dulu gambaran lingkungan kerja di sana. Informasi ini bisa Anda dapat di situs Jobplanet.

Nah, sekarang Anda bisa memulai tindakan menata meja kerja dengan lima langkah mudah berikut:

  1. Kumpulkan semua barang dari atas meja, kemudian sortir dan singkirkan barang atau dokumen yang sudah tidak diperlukan. Lakukan ini secara rutin, misalnya satu minggu sekali.
  2. Laci atau tempat penyimpananan dapat berguna untuk menghindari barang-barang berceceran di atas meja. Anda bisa melabeli setiap laci sesuai isinya guna menghemat waktu untuk menemukan apa yang Anda cari.
  3. Ciptakan zona kerja, yakni area khusus untuk komputer atau laptop Ini akan membuat Anda fokus dengan aktivitas pekerjaan tanpa terganggu objek lain.
  4. Letak tempat sampah yang jauh dari meja kerja cenderung membuat Anda terlebih dahulu mengumpulkan sampah di area kerja. Hal ini bisa diatasi dengan cara menyiapkan kantong atau tempat sampah kecil di bawah meja Anda.

Comments

comments