Panduan Wajib Para Wanita Sebelum Melamar Kerja

wanita karir-01

Menjadi wanita karir merupakan sebuah pilihan. Menjalani rutinitas sebagai pekerja kantoran menuntut waktu dan tenaga yang tidak sedikit. Apalagi seorang wanita, terutama yang sudah berkeluarga, tentunya punya sejumlah kewajiban lain di rumah.

Mungkin ada banyak wanita memilih fokus menjadi ibu rumah tangga karena merasa tidak bisa membagi waktu. Padahal sebenarnya, banyak perusahaan yang menerapkan peraturan jam kerja fleksibel seperti yang dapat dilihat di sini. Bahkan tidak hanya jam kerja, perusahaan juga memberikan sejumlah keuntungan sebagai hak karyawan wanita.

Bagi Anda wanita yang baru berkeluarga dan ingin mulai berkarir, Anda bisa mencari perusahaan yang memberi kebijakan seperti PT Indomarco Prismatama:

kerja di indomaret

Selain memberi tunjangan kesehatan untuk seluruh karyawannya, Indomarco juga telah mematuhi Pasal 82 UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, mengenai cuti hamil/melahirkan bagi karyawan perempuan.

Perusahaan lain yang juga ramah terhadap perempuan adalah PT Energi Mega Persada. Perusahaan ini memberikan berbagai fasilitas dan benefit, salah satunya cuti haid bagi karyawan perempuan.

energimegapersada

 

Sayangnya, tidak semua perusahaan cukup ramah bagi karyawan perempuan. Di antaranya adalah dua perusahaan berikut. Sedikit bocoran, padahal kedua perusahaan ini adalah perusahaan besar di Indonesia, dan jadi idaman banyak orang lho.

kontra

Perempuan manapun akan berpikir berulang kali jika ingin melamar ke perusahaan tersebut. Berikut ini contoh lain perusahaan yang tidak mendukung karir para karyawan perempuannya. Berbeda dengan perusahaan di atas yang tidak memikirkan keamanan kerja karyawan wanita, perusahaan yang satu ini membedakan karyawan dan hak mereka untuk mendapatkan karir yang lebih baik berdasarkan gender.

kontra2

Para wanita yang memiliki niat untuk terus berkarir, dan bukan hanya ingin mencari tambahan penghasilan keluarga pastinya tidak akan terima dengan kondisi di atas. Untuk tahu perusahaan mana yang pro atau tidak terhadap karyawan perempuan, Anda bisa mengeceknya langsung di Jobplanet. Di website tersebut, Anda bisa mencari tahu informasi lengkap tentang perusahaan incaran Anda—apakah sudah sesuai dengan bayangan dan ekspektasi Anda selama ini, atau tidak.

Perbanyak riset tentang perusahaan saat mencari kerja

Agar tidak kaget ketika memulai pekerjaan di tempat baru, sebaiknya Anda tanyakan terlebih dahulu apa saja kebijakan serta hak-hak karyawan yang penting untuk Anda ketahui. Sesi interview adalah waktu terbaik untuk bertanya.

Meski begitu, sering pula pada saat sesi interview tersebut Anda sudah diwanti-wanti terlebih dahulu oleh perusahaan. Contohnya seperti yang terjadi di perusahaan ini:

interview mitra10

Sekarang Anda semakin menyadari bukan, betapa pentingnya memperbanyak riset sebelum mencari kerja? Dengan melakukan riset, Anda dapat menghindari rasa menyesal karena salah memilih perusahaan.

 

Comments

comments