Nyali Mendadak Ciut Jelang Interview? Ini Tipsnya

Nyali Mendadak Ciut Jelang Interview

Saat-saat menjelang interview kerja adalah saat yang menegangkan bagi banyak orang. Sekalipun Anda sudah punya banyak pengalaman kerja, dan berulang kali melewati tahap yang menentukan dalam proses recruitment ini, terkadang rasa gugup masih saja menghampiri. Meski begitu, Anda tak mungkin kan diam-diam meninggalkan lokasi interview lantaran nyali yang mendadak ciut?

Nah, untuk menepis rasa gugup dan ketakutan Anda pada hari interview, ikuti lima tips berikut ini:

1. Atur napas

Sambil menunggu nama Anda dipanggil untuk masuk ke ruang interview, duduklah dengan tenang, lalu gunakan cara paling mudah untuk meredakan rasa takut Anda. Pertama, pejamkan mata sesaat, kemudian tarik dan hembuskan napas perlahan selama beberapa kali. Tindakan ini dijamin mampu menenangkan hati dan pikiran Anda.

2. Rapikan penampilan

Jika masih ada waktu, pergilah ke kamar kecil untuk merapikan penampilan Anda. Hal ini amat penting, terutama jika Anda baru saja melalui perjalanan panjang dan melelahkan menuju lokasi interview. Dengan penampilan yang baik serta nyaman dipandang, Anda pasti jadi jauh lebih percaya diri!

3. Jangan pikirkan orang lain

Berada di ruang tunggu bersama sesama kandidat yang tampak jauh lebih siap memang dapat menambah tekanan. Namun, Anda tak perlu memikirkan itu, karena bisa jadi mereka hanya pandai menutupi rasa gugupnya. Justru sebaiknya Anda berusaha meniru kepiawaian mereka dalam menjaga kepercayaan diri.

4. Buka percakapan

Daripada mencemaskan keunggulan kandidat lain, akan lebih baik jika Anda membuka percakapan dengan mereka. Percakapannya sederhana saja, bisa diawali dengan menanyakan nama, latar belakang profesi, dan asal mereka. Yang pasti, hindari topik-topik berat terkait pekerjaan yang malah akan semakin membebani Anda.

5. Yakinkan diri

Gugup di hari penting itu wajar, bahkan sekalipun Anda sudah melakukan persiapan matang. Biasanya keadaan ini terjadi sebagai akibat dari rasa ragu terhadap kemampuan diri sendiri. Untuk itu, selama sudah mempelajari kisi-kisi pertanyaan interview yang ada di Jobplanet, Anda hanya perlu meyakinkan diri bahwa usaha tersebut pasti akan membuahkan hasil!

Comments

comments