Minder karena Lulusan D3? Jangan! 4 Hal Ini Alasannya

minder karena lulusan d3

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Merasa kurang pede atau percaya diri lantaran status atau gelar merupakan salah satu kelemahan manusia. Hal ini pula yang kerap menimbulkan tekanan bagi para fresh graduate. Rumor-rumor negatif yang merendahkan kedudukan lulusan D3 di dunia kerja tak ayal membuat banyak lulusannya merasa minder.

Jika hal itu sedang Anda rasakan, ketahuilah bahwa ada banyak hal yang patut Anda syukuri dengan status lulusan D3. Nah, empat hal berikut akan membuka mata Anda.

1. Lebih banyak praktik

Sebagai mahasiswa D3, Anda benar-benar dipersiapkan untuk memiliki keterampilan layaknya tenaga ahli. Tak heran jika saat kuliah, Anda lebih banyak menghabiskan waktu untuk praktik di lapangan ketimbang mendengarkan materi di kelas. Dosen-dosennya pun bisa dipastikan merupakan praktisi yang bergelut di bidang yang diajarkan. Dengan demikian, perusahaan tentu akan sangat memperhitungan keunggulan yang tak dimiliki oleh lulusan S1 ini.

2. Lulus lebih cepat

Perkuliahan untuk program D3 atau vokasi di perguruan tinggi hanya memakan waktu tiga tahun. Karena lulus lebih cepat dari para mahasiswa S1, maka Anda diharapkan juga akan lebih cepat mendapat pekerjaan dan menghasilkan uang. Apalagi sebagai penyandang gelar ahli, Anda sudah unggul dari segi pengalaman praktis. Dengan demikian, tak hanya cepat lulus, keterampilan Anda juga lebih diperhitungkan.

3. Peluang kerja yang besar

Baik lulusan D3 maupun S1 memiliki peluang kerja yang sama. Lulusan D3 yang terdaftar dalam program kedinasan bahkan lebih beruntung lagi, karena sejak awal sudah ada jaminan untuk ditempatkan di perusahaan tertentu. Jika Anda merasa kebanyakan lowongan hanya dibuka untuk lulusan S1, bisa dipastikan Anda belum memanfaatkan sumber informasi lowongan kerja secara maksimal. Padahal, di Jobplanet Anda bisa menemukan banyak kesempatan kerja untuk lulusan D3 lho.

4. Berkesempatan disekolahkan

Lulusan D3 memang belum mengantongi gelar sarjana. Namun tak perlu khawatir, karena nantinya Anda dapat melanjutkan pendidikan ke program S1 Ekstensi yang lamanya kurang lebih hanya dua tahun. Tak hanya itu, Anda juga punya kesempatan untuk disekolahkan oleh perusahaan tempat Anda bekerja, sehingga tak perlu memusingkan biaya. Nah, perusahaan yang menyediakan kesempatan berharga tersebut bisa Anda temukan di sini.

Gelar bukanlah satu-satunya penentu keberhasilan seseorang. Selama Anda berusaha keras dengan diiringi kepercayaan diri yang tinggi, status sebagai lulusan D3 justru akan membawa keberuntungan bagi Anda. Jadi, tetap semangat!

Comments

comments