Mengintip Pengalaman Kerja Karyawan di 5 Perusahaan FMCG Lokal Ternama

 

Mengintip Pengalaman Kerja Karyawan di 5 Perusahaan FMCG Lokal Ternama

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo

Tidak kalah dengan perusahaan FMCG (Fast Moving Consumer Goods) multinasional seperti Unilever dan Nestle, beberapa perusahaan FMCG lokal pun memiliki reputasi bergengsi bahkan di kancah internasional. Sebut saja Indofood, Mayora, dan GarudaFood.

Antusiasme pasar lokal maupun internasional terhadap produk-produk mereka tak ayal menjadikan nama mereka semakin besar. Hal inilah yang turut memikat para pencari kerja untuk bergabung dalam industri FMCG.

Sebagaimana namanya yang besar, apakah benefit bagi karyawan yang diberikan oleh perusahaan-perusahaan FMCG tersebut juga besar? Lalu, bagaimana dengan budaya kerja yang ditanamkan perusahaan? Apakah sesuai dengan citra positif mereka di tengah masyarakat? Agar tak penasaran, simak pengalaman karyawan yang bekerja di lima perusahaan FMCG ternama asal Indonesia berikut ini:

  1. PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk

Tak perlu diragukan lagi, produk-produk Indofood sudah diakui hingga ke berbagai negara di Asia, Afrika, dan Eropa. Bahkan di Nigeria, mi instan produksi Indofood pun sangat dicintai oleh penduduknya.

Meski branding perusahaan sudah sangat kuat, hal ini tidak serta merta membuat perusahaan melalaikan kebutuhan dan kesejahteraan tenaga kerjanya. Hal ini diakui oleh salah seorang pengguna Jobplanet yang menggambarkan budaya kerja serta benefit yang ditawarkan Indofood, berdasarkan pengalaman kerjanya di sana.

“Budaya kerja yang kondusif, permintaan dari konsumen yang sangat stabil, mengingat perusahaan ini mempunyai banyak brand makanan dan minuman yang terkenal di masyarakat. Benefit kesehatan dan kesejahteraan bagi karyawan cukup memuaskan, sistem manajemen yang sudah tertata dengan baik.” – Karyawan pabrik

  1. PT Wings Surya

PT Wings Surya, atau yang dikenal dengan nama Wings, merupakan perusahaan penghasil produk-produk rumah tangga, makanan dan minuman, serta personal care. Mulai dari sabun, deterjen, mi instan, hingga kecap yang diproduksi oleh Wings telah dipasarkan di 80 negara, termasuk wilayah Afrika dan Timur Tengah.

Eksistensinya selama puluhan tahun di industri FMCG tidak membuat Wings berhenti begitu saja dalam berinovasi. Wings juga menyadari pentingnya peran serta karyawan dalam membangun nama besar serta kesuksesan perusahaan. Demikian ditulis oleh beberapa karyawannya di situs Jobplanet.

“Tunjangan kesehatan, situasi dan kondisi pekerjaan baik, kesempatan mengembangkan diri baik, lingkungan kerja kondusif, sedang melakukan banyak sekali inovasi yang berkualitas.” – Karyawan riset/sains/pengembangan

“Benefit kesehatan lengkap, jatah makan, gaji bersahabat, lingkungan kerja sangat konduktif dan rapi.” – Mantan karyawan HR

  1. PT Mayora Indah Tbk

Merambah 60 negara di lima benua telah menjadikan Mayora salah satu perusahaan FMCG incaran para pencari kerja. Selain karena nama besar perusahaan yang sanggup meningkatkan gengsi siapapun yang bekerja di sana, tampaknya para pencari kerja juga akan semakin tertarik jika tahu bahwa perusahaan dengan produk-produk andalan seperti kopi, permen, dan makanan ringan ini ternyata memiliki lingkungan kerja dengan rasa kekeluargaan yang tinggi.

“Suasana kerja di dalam perusahaan yang penuh dengan kekeluargaan sehingga lebih menyenangkan dalam bekerja.” — Karyawan marketing

“Benefit kesehatan terjamin, dapat asuransi, ada uang transportasi dan makan, ada juga uang makan lembur dan uang lembur, dan juga ada bonus tahunan, dan tempat kerja dapat tim yang terasa kekeluargaannya.” – Karyawan IT/Internet

  1. Orang Tua Group

Produk-produk keluaran Orang Tua Group cukup populer di masyarakat. Tanpa meninggalkan nilai-nilai luhur para pendirinya, hingga hari ini Orang Tua Group masih terus berkembang dan semakin modern.

Sembari menjaga eksistensi di industri FMCG, Orang Tua Group juga tak lupa memerhatikan tenaga kerjanya. Selain memberikan tunjangan yang layak, perusahaan ini juga membantu pembentukan karakter karyawan yang kuat. Hal ini diakui oleh karyawannya.

OT memiliki value yang baik dalam membentuk karakter seorang pekerja. Cocok untuk orang yang hardworking dan suka tantangan. Di OT akan dibentuk bagaimana memiliki prinsip, tanggung jawab, leadership dan semangat juang yang tinggi. Tidak ada yang tidak mungkin dan tidak bisa menjadi salah satu nilai yang ditanamkan dan membentuk mental yang tangguh.” – Karyawan marketing

  1. GarudaFood

Meskipun GarudaFood sudah berskala internasional dilihat dari perluasan pemasaran produknya ke pasar global, namun ternyata perusahaan ini tetap mempertahankan nilai-nilai yang dipercaya oleh masyarakat lokal. Hal ini terbukti dari komitmen GarudaFood untuk memfasilitasi kebutuhan spiritual karyawannya.

Diakui karyawan GarudaFood, perusahaan ini juga membekali mereka dengan beragam pelatihan, lengkap dengan macam-macam benefit untuk kebutuhan karyawan dan keluarganya.

“Perusahaan berbasis spiritual, tempat yang nyaman untuk bekerja dan belajar. Seluruh karyawan dibekali basic mentality yang baik. Kegiatan keagamaan dan komunitas hobi juga didukung dan dibiayai oleh perusahaan. Karyawan rutin diberi training hard skill dan soft skill. Benefit kesehatan karyawan dan keluarga, biaya transportasi dan komunikasi terjamin. Pembayaran pajak karyawan terjamin. THR dan bonus.” – Karyawan IT

Membaca pengalaman para karyawan di lima perusahaan FMCG di atas, Anda mungkin jadi tertarik untuk melamar. Namun, jangan lupa bahwa di samping nama besar perusahaan, benefit dan lingkungan kerja yang mendukung juga patut menjadi pertimbangan penting.

Maka dari itu, sebelum melamar ke salah satu perusahaan di atas, sebaiknya cari tahu dulu hal apa saja yang bisa Anda harapkan lewat review yang ditulis oleh para karyawan serta mantan karyawannya di Jobplanet.

Di Jobplanet, Andahttps://id.jobplanet.com/review juga bisa mengetahui seluk-beluk proses seleksi dan wawancara di perusahaan-perusahaan tersebut, beserta standar gajinya sebagai dasar untuk melakukan negosiasi.

Comments

comments