Menghadapi Dilema antara Bekerja atau Lanjut S2

dilema antara bekerja atau lanjut s2

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Tamat kuliah dengan menyandang gelar sarjana tentu merupakan kebanggaan bagi siapapun. Tapi, tidak berarti perjuangan Anda berhenti sampai di sini. Setelah lulus, Anda pasti berharap bisa segera mendapatkan pekerjaan, atau mungkin sudah mantap ingin langsung melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi. Yang pasti, apapun langkah yang Anda ambil adalah demi meraih masa depan yang lebih cerah.

Bagi yang berkeinginan mengambil S2, semangat Anda patut diapresiasi. Tidak semua orang ingin sekolah lagi, apalagi saat baru bernapas lega usai menuntaskan kewajiban sebagai mahasiswa.

Umumnya, faktor yang mendorong seseorang untuk langsung mengambil S2 adalah hasrat untuk memperdalam ilmu dan memenangkan persaingan sengit di dunia kerja. Namun, bagi sebagian lainnya, lulus kuliah adalah masa-masa yang paling dinanti karena perjuangan baru untuk bekerja dan mencari penghasilan sendiri akan segera dimulai. Tak hanya ingin meringankan beban finansial orang tua, Anda sebagai lulusan baru pasti ingin langsung mempraktikkan ilmu yang diperoleh selama di perguruan tinggi agar bermanfaat bagi banyak orang. Dengan begitu, Anda bisa dibilang selangkah lebih maju dibandingkan mereka yang bergelar magister namun tanpa pengalaman.

Meski begitu, lulusan S2 juga punya kelebihan jika mampu memaksimalkan peluang. Lulusan S2 tentunya ‘mengantongi’ ilmu lebih banyak daripada pelamar yang hanya bergelar sarjana. Meski demikian, tidak ada jaminan bahwa lulusan S2 selalu lebih unggul. Pasalnya, banyak perusahaan yang lebih mementingkan pengalaman kerja—bukan gelar. Namun, jika sembari menempuh studi S2 Anda rajin mengasah keahlian, menjalin relasi, bahkan mengikuti program magang, besar kemungkinan Anda akan lebih dilirik oleh perusahaan.

Nah, bagaimana jika Anda bekerja sambil kuliah? Jika Anda memilih untuk bekerja setamat S1, kesempatan untuk berkuliah S2 akan selalu terbuka lebar. Bahkan jika beruntung, Anda bisa kuliah dengan beasiswa yang disediakan perusahaan untuk karyawan berprestasi. Di Jobplanet Anda bisa melihat perusahaan mana yang memberikan benefit tersebut.

Apapun pilihan yang diambil, peluang Anda untuk sukses dalam karier tetap tergantung dari seberapa besar potensi diri serta keinginan Anda untuk belajar. Jadi, baik langsung bekerja maupun melanjutkan studi, pastikan Anda memiliki komitmen yang kuat dalam menjalaninya. (git/wid)

Comments

comments