Mengembalikan Semangat Kerja Setelah Long Weekend

mengembalikan semangat kerjaHari libur nasional yang jatuh di hari kerja merupakan saat yang ditunggu-tunggu oleh banyak orang. Apalagi jika jatuhnya tepat sebelum atau setelah akhir pekan. Rencana berlibur pun biasanya sudah disiapkan dari jauh-jauh hari. Bahkan, terkadang ada yang memutuskan untuk menambah hari liburnya dengan mengambil hak cuti.

Saat libur berakhir, Anda biasanya akan dilanda “sindrom malas” usai long weekend. Rasanya waktu libur yang sudah dinikmati masih belum cukup untuk Anda. Bahayanya, sindrom ini bisa mempengaruhi pekerjaan Anda di kantor. Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Simak beberapa tips di bawah ini!

  • Rapikan meja kerja sebelum ditinggalkan. Anda tentu tidak ingin kembali ke kantor dihadapkan dengan barang-barang serta dokumen-dokumen yang berserakan di atas meja. Nah, tindakan sederhana ini bisa dilakukan untuk menjaga mood Anda saat menghadapi hari pertama kerja setelah long weekend.
  • Atur waktu libur dengan baik. Sebisa mungkin hari terakhir sebelum masuk kerja cukup Anda habiskan di rumah untuk beristirahat. Bepergian ke luar kota, misalnya, akan membuat Anda kelelahan dan kehilangan semangat untuk memulai rutinitas di kantor.
  • Olahraga. Luangkan waktu libur yang tersisa untuk berolahraga. Bisa dengan pergi ke gym atau cukup jogging di lingkungan tempat tinggal Anda. Berolahraga dipercaya bisa meningkatkan kapasitas otak sehingga Anda siap untuk kembali berkutat dengan pekerjaan.
  • Tidur lebih awal pada malam sebelum masuk kantor. Kebiasaan tidur larut malam hanya akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Untuk mencegah rasa kantuk saat bekerja, kebiasaan tersebut harus Anda hilangkan, terutama setelah menghabiskan long weekend.
  • Rencanakan acara dengan rekan kerja. Misalnya, makan malam bersama atau menonton film terbaru di bioskop sepulang kerja. Jadi, sekalipun Anda belum sepenuhnya siap menghadapi pekerjaan di kantor, paling tidak rencana hang out dengan teman-teman bisa memacu semangat Anda.
  • Bayangkan hal-hal menyenangkan di kantor. Karena sebesar apapun keinginan Anda untuk berlibur, pasti ada satu dua hal yang membuat Anda rindu dengan suasana kantor. Misalnya, bertemu rekan-rekan kerja yang menyenangkan layaknya keluarga. Kalau sampai tidak ada sama sekali, bisa jadi selama ini Anda salah pilih perusahaan. Jika hal ini terjadi pada Anda, ada baiknya Anda mulai berpikir untuk mencari tempat kerja yang baru. Agar tak salah pilih perusahaan lagi, Anda bisa mencari informasi tentang perusahaan yang Anda idamkan, termasuk budaya dan suasana kerja di sana melalui situs Jobplanet.
  • Rencanakan liburan berikutnya. Jika Anda kurang puas dengan liburan sebelumnya dan merasa masih banyak hal yang ingin dilakukan serta tempat yang ingin dikunjungi, lakukanlah pada kesempatan berikutnya. Rencana ini akan memotivasi Anda untuk bekerja lebih giat demi mengumpulkan uang untuk liburan.

Tidak sulit mencari perusahaan yang sering mengadakan liburan bersama, atau memberikan karyawannya reward berupa liburan gratis di dalam maupun luar negeri. Perusahaan seperti ini dijamin akan membuat Anda selalu semangat berangkat ke kantor. Jika tertarik, silakan temukan perusahaan idamaan Anda di Jobplanet.com.

Comments

comments