Mengembalikan Semangat Kerja Pasca Libur Lebaran

semangat kerja pasca libur lebaran

Siapa yang tidak antusias menghadapi libur Lebaran? Selain bisa rihat sejenak dari rutinitas pekerjaan, kesempatan langka untuk berkumpul bersama keluarga besar pun bisa Anda nikmati pada momen Lebaran. Bahkan mungkin, tak sedikit dari Anda yang memilih untuk mengambil cuti lebih panjang agar dapat menghabiskan waktu lebih lama dengan orang-orang tersayang.

Sayangnya, begitu libur Lebaran usai Anda pun harus kembali menghadapi rutinitas kerja. Masuk kantor lagi, bertemu macet lagi, dan mungkin bertemu bos yang cerewet lagi. Membayangkan hal-hal itu saja, rasanya sudah cukup berat. Nah, agar Anda tetap semangat bekerja pasca libur Lebaran, coba ikuti tips berikut:

1. Atur waktu mudik dengan baik

Apabila Anda pergi mudik ke luar kota, sebaiknya rencanakan untuk kembali ke rumah satu atau dua hari sebelum liburan berakhir. Sebisa mungkin, manfaatkan hari terakhir sebelum masuk kerja untuk beristirahat di rumah saja. Hal ini untuk memastikan Anda tidak kelelahan saat memulai rutinitas di kantor.

2. Tidur lebih awal pada malam sebelum masuk kantor

Kebiasaan tidur larut malam hanya akan berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Untuk mencegah rasa kantuk saat bekerja, kebiasaan tersebut harus dihilangkan, terutama setelah menghabiskan libur Lebaran. Paling tidak, berusahalah tidur lebih awal pada malam sebelum masuk kantor. Jangan lupa juga pasang alarm agar esok harinya tidak terlambat ke kantor.

3. Rencanakan acara dengan rekan kerja

Jika pada bulan Ramadan Anda dan rekan-rekan kerja mengadakan buka puasa bersama, momen pasca Lebaran bisa dimanfaatkan untuk halal bi halal sambil makan malam sepulang kerja. Sekalipun Anda belum sepenuhnya siap menghadapi pekerjaan yang menumpuk, paling tidak rencana ini bisa memacu semangat Anda untuk berangkat ke kantor.

4. Bayangkan hal-hal menyenangkan di kantor

Sebesar apapun keinginan Anda untuk berlibur, pasti ada satu atau dua hal yang membuat Anda rindu dengan suasana kantor. Misalnya, bertemu dengan rekan-rekan kerja yang menyenangkan layaknya keluarga. Kalau sampai tidak ada sama sekali, bisa jadi selama ini Anda telah salah memilih perusahaan atau tempat bekerja. Ada baiknya Anda mulai berpikir untuk mencari tempat kerja baru. Sebagai referensi, Anda bisa temukan informasi tentang berbagai perusahaan di Jobplanet.

5. Rencanakan liburan berikutnya

Jika Anda kurang puas dengan libur Lebaran Anda, atau merasa masih ada banyak hal yang belum sempat Anda lakukan selama liburan, buatlah rencana untuk melakukannya pada kesempatan berikutnya. Membuat rencana liburan bersama teman-teman atau keluarga bisa membuat Anda jadi termotivasi untuk bekerja lebih giat demi mengumpulkan uang untuk berlibur.

Comments

comments