Mengapa Perusahaan Konsultan Menarik di Mata Pencari Kerja

Perusahaan Konsultan Menarik di Mata Pencari Kerja

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Perusahaan konsultan semakin dilirik oleh para pencari kerja. Padahal, konon beban kerja di sana lebih berat ketimbang beban kerja di perusahaan-perusahaan lain pada umumnya, sehingga sangat banyak tantangan yang harus dihadapi oleh karyawan. Meski begitu, tidak sedikit orang yang tetap “nekat” melirik perusahaan konsultan sebagai tempat untuk berkarier.

Jenis perusahaan konsultan yang cukup populer di mata pencari kerja, antara lain yang bergerak di bidang public relations, advertising, dan marketing, serta konsultan audit, konsultan bisnis, dan konsultan pajak. Apa yang sebenarnya membuat perusahaan-perusahaan menarik di mata pencari kerja?

Berikut ini Jobplanet paparkan hal-hal apa saja yang membuat pencari kerja tertarik untuk berkarier di perusahaan konsultan.

1. Ilmu

Bekerja di perusahaan konsultan menuntut para karyawan untuk mampu menganalisis dan memecahkan masalah kliennya dengan cepat. Biasanya perusahaan-perusahaan yang bertindak sebagai klien memiliki banyak permintaan yang bisa berubah sewaktu-waktu, sehingga para konsultan harus memiliki ilmu yang mendalam. Melayani klien yang berasal dari berbagai latar belakang merupakan suatu keuntungan sekaligus tantangan, sebab karyawan mau tak mau akan didorong untuk menjadi “ahli” di suatu atau berbagai bidang.

“Banyak pembelajaran dan pengembangan profesional. Bekerja secara ‘cutting edge’ dalam menganalisis dan memecahkan masalah. Orang-orang di sekitar yang sangat cerdas dan mendukung satu sama lain.” – PT Boston Consulting Group Indonesia (Konsultan Manajemen Bisnis)

2. Batu loncatan

Banyak orang berlomba-lomba untuk bekerja di perusahaan konsultan, tak terkecuali fresh graduate. Mereka yakin bahwa perusahaan konsultan dapat menjadi batu loncatan bagi mereka yang masih minim pengalaman. Perusahaan konsultan menawarkan kesempatan yang luas kepada karyawannya untuk menimba ilmu, pengalaman, sekaligus mengembangkan karier. Bahkan, tak jarang pelamar yang memiliki pengalaman kerja di perusahaan konsultan mendapatkan penilaian yang lebih tinggi oleh recruiter.

“Perusahaan yang bagus untuk menjadi batu loncatan Anda karena memberikan budaya pembelajaran yang kuat, terutama dalam bidang dunia digital advertising” – PT Ogilvy & Mather Indonesia (Konsultan Iklan, Marketing, dan Public Relations)

3. Relasi

Seseorang yang bekerja di perusahaan konsultan akan dihadapkan pada klien yang berasal dari berbagai latar belakang, bidang, serta perusahaan. Karenanya, tak sulit bagi karyawan perusahaan konsultan untuk mengembangkan relasi mereka setiap hari. Klien mereka pun tidak hanya datang dari perusahaan lokal saja, tapi juga dari perusahaan asing atau multinasional. Dengan adanya kesempatan yang lebih luas untuk menjalin relasi, tentu kesempatan karyawan untuk sukses juga lebih terbuka lebar.

“Perusahaan multinasional yang mudah memperluas networking karena mendapatkan kesempatan untuk berkomunikasi langsung dengan klien yang berasal dari berbagai belahan dunia” – PT Ernst & Young Indonesia (Konsultan Audit)

4. Pendapatan yang tinggi

Beban kerja yang dihadapi karyawan perusahaan konsultan memang tinggi, namun pendapatan yang mereka terima pun sebanding dengan apa yang mereka kerjakan. Yang lebih menguntungkan lagi, bayaran yang tinggi ini juga disertai dengan banyaknya pengalaman yang diperoleh. Oleh sebab itu, tidak heran jika perusahaan konsultan sering menjadi incaran dan pilihan nomor satu bagi mereka yang memiliki passion yang kuat di suatu bidang.

“Gaji tinggi dan benefit cukup bagus, tersedia asuransi untuk diri sendiri dan keluarga, bersedia membayar overtime sesuai peraturan pemerintah” – PT PWC Indonesia (Konsultan Pajak)

Penasaran berapa rata-rata gaji karyawan di perusahaan konsultan? Anda bisa mencari tahu di sini.

Jika Anda pun tertarik untuk berkarier di perusahaan konsultan yang sesuai dengan minat dan keahlian Anda, cobalah melakukan riset di Jobplanet. Di sana, Anda bisa membaca review dan pengalaman kerja yang ditulis langsung oleh karyawan dan mantan karyawan perusahaan konsultan yang ingin Anda tuju.

Semoga sukses!

 

Comments

comments