Mendadak Gagap Saat Interview? Lakukan 5 Hal Ini

gagap saat interview

Interview kerja merupakan salah satu tahap krusial dalam proses seleksi masuk perusahaan. Dalam proses interview, mulai dari penampilan, cara berbicara, bahasa tubuh, jawaban yang Anda berikan, sampai bagaimana cara Anda menjawab akan dinilai oleh recruiter.

Namun, kadang terlepas dari persiapan yang telah Anda lakukan, tetap ada saat di mana hal yang tidak diharapkan terjadi. Misalnya, ketika Anda dihadapi oleh pertanyaan-pertanyaan yang tidak bisa Anda jawab seperti ini:

interview SC johnson

interview aneka tambang

Nah, kalau Anda mendapatkan pertanyaan-pertanyaan tak terduga seperti di atas dan bingung untuk menjawab, tidak perlu panik dan cukup lakukan lima hal berikut:

1. Tenangkan diri

Panik tidak akan membantu Anda, melainkan hanya akan memperburuk suasana. Jika Anda panik, otomatis Anda akan merasa tertekan dan sulit untuk berpikir jernih. Akhirnya Anda jadi asal menjawab pertanyaan. Kenyataannya bukan itu yang diharapkan pewawancara.

Jika Anda tidak tahu harus menjawab apa saat interview, tenangkan diri. Jangan lantas menanamkan pikiran negatif bahwa Anda pasti tidak akan lolos seleksi interview tersebut. Atur napas dan berkonsentrasilah, karena bisa jadi sebenarnya jawaban sudah ada di kepala Anda, hanya saja Anda terlalu gugup ketika hendak menjawab.

2. Ajukan pertanyaan

Jangan pernah mengatakan “tidak tahu” dalam sebuah interview. Jika Anda tidak bisa menjawab karena pertanyaan yang diberikan kurang jelas, jangan segan untuk meminta pewawancara mengulang pertanyaannya. Selain menambah waktu untuk berpikir, biasanya kesempatan ini juga mendorong pewawancara untuk memberikan pertanyaan yang lebih detail bahkan disertai contoh, sehingga Anda jadi mendapat gambaran jawaban.

3. Ceritakan apa yang Anda ketahui

Daripada mengatakan “tidak tahu”, sebaiknya Anda jawab pertanyaan dengan menceritakan hal yang Anda ketahui, namun tentunya masih berhubungan dengan pertanyaan yang diajukan. Bisa saja jawaban tersebut justru memberi nilai tambah bagi Anda.

4. Beritahu bagaimana Anda akan menemukan jawaban

Perlu diketahui, yang dinilai saat interview bukan hanya jawaban Anda, tapi juga bagaimana cara Anda menjawab. Jadi, jika Anda belum menemukan jawaban yang tepat, Anda bisa mengakui bahwa Anda kurang memahami materi yang ditanyakan dan sampaikan bahwa Anda tahu bagaimana menemukan jawaban yang seharusnya. Kejujuran Anda akan lebih dihargai oleh interviewer daripada Anda harus berbohong dan pura-pura mengerti.

5. Kirim e-mail setelah interview

Selain untuk mengucapkan terima kasih dan meyakinkan interviewer bahwa Anda orang yang tepat untuk posisi tersebut, Anda juga bisa mengirim e-mail untuk memperbaiki kesalahan Anda saat interview. Akan tetapi, jangan awali e-mail dengan permintaan maaf karena Anda tidak bisa memberikan jawaban pada saat interview. Alih-alih, cukup bicarakan jawaban yang Anda rasa mengganjal saat interview dan sampaikan bahwa Anda telah menemukan jawaban yang tepat. Agar tidak menambah masalah, pastikan juga bahwa Anda hanya menyebutkan kesalahan yang disadari oleh interviewer!

Meskipun kelima hal di atas bisa menjadi solusi ketika Anda tidak bisa menjawab pertanyaan interview kerja, tapi tentu akan lebih baik lagi jika Anda mencegah hal itu terjadi. Caranya dengan melakukan persiapan matang sebelum interview, termasuk mempersiapkan mental dan jawaban untuk pertanyaan-pertanyaan yang mungkin akan diberikan. Anda bisa melihat kisi-kisi pertanyaan interview di perusahaan yang Anda lamar di sini. Good luck(chk/wid)

Comments

comments