Lulusan Dalam Negeri Vs Luar Negeri, Apa Bedanya di Mata Perusahaan?

Lulusan Dalam Negeri Vs Luar Negeri

Perdebatan antara lulusan dalam negeri dan lulusan luar negeri di pasar tenaga kerja masih terus berlanjut. Secara gengsi, pelamar yang pernah menempuh studi di luar negeri tampak lebih dipandang, sekalipun tak ada jaminan mutu perguruan tingginya mengungguli perguruan tinggi teratas di Tanah Air.

Indonesia memang punya sejumlah nama yang mengisi jajaran perguruan tinggi terbaik di dunia. Seleksi masuknya pun tidak mudah sehingga yang berhasil menaklukkannya selalu dielu-elukan. Kalau begitu, bukankah berarti baik lulusan perguruan tinggi di dalam maupun luar negeri punya kelebihan masing-masing?

  • Penguasaan bahasa asing

Jika Anda ingin bekerja di perusahaan multinasional, biasanya kemampuan berbahasa asing pasti jadi bahan pertimbangan. Apalagi jika Anda akan sering berkomunikasi dengan tenaga asing di perusahaan. Nah, sering kali karyawan yang menghabiskan masa perkuliahannya di luar negeri dipercaya sudah menguasai hal tersebut.

Kenyataannya, lulusan dalam negeri pun bisa jadi sama piawainya dengan mereka yang mengenyam pendidikan di negara lain. Sebab, di era yang serba modern ini ilmu bisa didapat dengan mudah dari mana saja. Pada akhirnya, perusahaan lah yang akan menilainya melalui tes tertulis serta wawancara kerja.

  • Pengaplikasian ilmu

Perkuliahan Anda boleh berstandar internasional. Bahkan Anda mungkin pernah menjalani praktik magang di luar negeri. Namun sekembalinya ke Indonesia, otomatis pasar yang akan Anda hadapi adalah pasar lokal. Lantas, apa semua ilmu yang Anda dapat di sana mampu mengakomodasi kebutuhan tersebut?

Jawabannya, belum tentu. Meski demikian, pelamar beralmamater luar negeri akan sangat dilirik oleh perusahaan yang memang berorientasi internasional. Dengan membuktikan pengalaman dan keahlian yang mumpuni, Anda pasti mendapat tempat di perusahaan bergengsi di dalam negeri.

  • Mental yang terbentuk

Kerasnya kehidupan di negeri orang biasanya membentuk mental seseorang jadi lebih kuat. Belum lagi mahasiswa internasional banyak yang memilih bekerja sampingan di kampus atau restoran demi meringankan biaya. Keadaan yang langka ditemukan di kalangan mahasiswa perguruan tinggi lokal inilah yang jadi kelebihan mereka.

Pelamar yang menuai banyak berprestasi tentu lebih diperhitungkan lagi oleh perusahaan. Aktif dalam organisasi, misalnya, atau sering ikut perlombaan, bahkan menyelesaikan kuliahnya lewat jalur beasiswa. Bayangkan perusahaan mana yang tidak terpikat dengan kandidat seperti ini?

  • Gaji

Ada yang menganggap kuliah di luar negeri sebagai salah satu bentuk investasi masa depan. Meski tanpa beasiswa biaya yang ditanggung sangat besar, namun balik modalnya pasti tidak sulit. Faktanya, ijazah mentereng dari perguruan tinggi luar negeri bukanlah tiket untuk menerima gaji yang berlipat.

Sebagai fresh graduate, seluruh pelamar akan disejajarkan oleh perusahaan. Bahkan untuk seleksi di instansi pemerintahan, lulusan luar negeri wajib mengikuti penilaian kesetaraan ijazah oleh Ditjen Pendidikan Tinggi. Hanya saja, di perusahaan tertentu ada kemungkinan pengalaman yang dikumpulkan semasa studi di luar mampu meluluhkan hati HRD saat nego gaji.

Apapun almamater Anda, merupakan suatu tantangan berat bergulat dalam kompetisi pencarian kerja saat ini. Namun selama Anda melakukan persiapan matang, misalnya dengan mengenali seluk-beluk perusahaan yang dituju di sini, upaya Anda untuk menaklukkan perusahaan impian pasti akan membuahkan hasil. Karena itu, tetap semangat!

Comments

comments