Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Meninggalkan Kantor Lama

Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Meninggalkan Kantor Lama

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Keputusan untuk resign sudah bulat, surat permohonan sudah diajukan, tanggal masuk di kantor baru juga sudah diketahui, lalu apa lagi? Meski tampaknya pindah kerja ke tempat baru adalah hal yang sederhana dan umum dilakukan, tapi sebenarnya ada beberapa hal yang tak boleh lupa Anda lakukan. Apa sajakah itu?

  • Selesaikan pekerjaan

Walaupun permohonan resign Anda sudah disetujui oleh perusahaan, tidak berarti Anda lantas boleh berleha-leha di sisa waktu kerja Anda. Selama Anda belum resmi meninggalkan kantor lama, Anda masih punya tanggung jawab pekerjaan yang harus diselesaikan. Untuk itu, maksimalkan waktu yang tersisa dengan memberi kontribusi berarti bagi perusahaan. Kontribusi Anda terhadap pekerjaan menunjukkan besarnya tanggung jawab Anda sebagai seorang profesional.

  • Transfer pekerjaan dengan maksimal

Agar operasional perusahaan tidak terhambat setelah kepindahan Anda, pastikan dokumen atau hal-hal penting lainnya yang terkait dengan pekerjaan sampai pada tangan orang yang akan menggantikan Anda. Luangkanlah waktu untuk melakukan transfer pekerjaan dengan maksimal, serta buat folder khusus dan tinggalkan catatan penting untuknya.

  • Jaga hubungan dengan rekan kerja

Menjelang hari-hari terakhir di kantor lama, jaga baik-baik hubungan Anda dengan seluruh rekan kerja. Jangan tinggalkan kesan terakhir yang negatif, apalagi dengan atasan. Bagaimanapun juga, Anda pernah bekerja di tempat yang sama selama beberapa waktu. Anda tak pernah tahu jika di kemudian hari akan bertemu lagi dengan mereka, entah sebagai partner, klien, atau rekan kerja di suatu perusahaan.

  • Berbagi kontak pribadi

Guna memaksimalkan jaringan pertemanan, jangan lupa untuk saling berbagi nomor telepon dan alamat e-mail pribadi dengan rekan-rekan kerja Anda. Ingatkan mereka untuk selalu keep in touch meski kalian sudah tidak berada di perusahaan yang sama. Anggaplah ini sebagai investasi untuk karier Anda di masa depan.

  • Buat hari terakhir yang mengesankan

Anda mungkin tak tahu kapan akan dipertemukan lagi dengan rekan-rekan kerja di kantor lama. Oleh karena itu, buatlah hari terakhir Anda di sana mengesankan. Misalnya, dengan mentraktir makan teman-teman satu divisi. Meskipun ini memang bukan suatu perayaan, tapi kebersamaan seperti ini belum tentu bisa Anda temui di tempat baru.

Comments

comments