Kerja di Perusahaan Asing, Siapa Takut?

multinationalBerbicara soal perusahaan asing, kita perlu mengenali terlebih dahulu bahwa yang dimaksud sebagai perusahaan asing adalah perusahaan yang sebagian atau seluruh sahamnya dimiliki oleh pihak asing. Di Indonesia sendiri terdapat banyak perusahaan asing, baik yang sudah lama berdiri dan telah berkembang serta mapan, maupun yang masih merintis atau yang biasa disebut sebagai startup. Industrinya pun beragam, antara lain industri TI, migas, FMCG (Fast-moving Consumer Goods), dan perbankan.

Setiap orang pastinya memiliki perusahaan impian masing-masing. Ada yang ingin bekerja di perusahaan BUMN, ada yang ingin menjadi PNS di instansi pemerintahan, ada juga yang bermimpi masuk perusahaan asing. Kali ini, Jobplanet akan membahas tentang nilai plus dari bekerja di perusahaan asing. Berikut adalah berapa keuntungan yang bisa Anda peroleh dengan bekerja di perusahaan asing:

1. Bisa belajar banyak hal

Kesempatan bekerja di perusahaan asing bisa Anda manfaatkan untuk belajar banyak hal. Memiliki bos orang asing dapat membuat Anda belajar tentang cara memimpin serta budaya kerja yang berbeda. Jika Anda bekerja dengan orang Jepang, misalnya, maka Anda akan terbiasa bekerja dalam ritme yang cepat dan dengan disiplin yang ketat. Dalam pekerjaan sehari-hari pun, sering kali Anda dituntut untuk berbicara dalam bahasa asing, terutama Bahasa Inggris.

Ilmu yang Anda dapatkan bisa menjadi bekal ketika suatu hari nanti Anda ingin mendirikan bisnis sendiri. Ambil sisi positif dari gaya memimpin bos-bos Anda dan pilih budaya kerja asing mana yang cocok untuk Anda terapkan. Selain itu, kemampuan berbahasa Inggris Anda yang sudah terlatih akan sangat berguna ketika Anda menjadi CEO dan ingin memperluas bisnis.

2. Ajang pembuktian diri

Dengan masuk ke perusahaan asing, sangat mungkin Anda akan bekerja dengan orang-orang yang datang dari negara asal perusahaan tersebut. Di sana Anda akan berjuang membuktikan bahwa keputusan mereka merekrut Anda adalah keputusan yang tepat. Anda perlu menunjukkan bahwa sebagai orang lokal Anda punya kualitas yang tidak boleh diremehkan, yang bahkan dapat menyaingi kualitas para pekerja asing tersebut.

Ada yang bilang bahwa kita jangan mau diperbudak oleh orang asing. Padahal kalau Anda mau belajar dan bekerja keras, tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat posisi Anda akan diangkat oleh perusahaan.

Bekerja sebagai karyawan lokal bukan berarti tenaga kita dimanfaatkan, kok. Contohnya seperti penuturan salah seorang karyawan TI di PT Huawei Tech Investment ini. Menurut dia, kenaikan karier di perusahaan teknologi asal China ini terbilang cepat.

kerja di huawei

Jika Anda ingin tahu bagaimana jenjang karir di perusahaan asing lain di Indonesia, langsung cek saja di sini. Mulai dari industri migas seperti Chevron, IT seperti Samsung, atau FMCG seperti Unilever bisa Anda temukan semua di sana.

3. Penghasilan tinggi

Bekerja di perusahaan asing sering diasosiasikan dengan gaji yang tinggi. Tapi selama hal itu didapat dari hasil kerja keras sendiri, tidak ada salahnya bukan? Justru itu membuktikan bahwa mutu Anda sebagai orang Indonesia memang layak diperhitungkan sehingga keterampilan, tenaga, serta pikiran Anda berhak dihargai tinggi.

Simak rangkuman gaji karyawan beberapa perusahaan asing di Indonesia, berikut ini:

musashi

kerja di microsoft

nestle

Walaupun nominal gaji di beberapa perusahaan tersebut cukup besar, namun ada banyak pula perusahaan asing yang memberikan gaji sesuai dengan standar rata-rata perusahaan di industrinya. Anda bisa melihat info gaji selengkapnya, baik berdasarkan perusahaan maupun posisi pekerjaan, di sini.

Intinya, di manapun Anda bekerja, yang terpenting adalah kesediaan Anda untuk belajar dan bekerja keras. Dengan begitu, Anda tidak hanya bekerja untuk memenuhi kebutuhan pribadi, tapi juga memberikan kontribusi bagi perusahaan dan secara tidak langsung bagi lingkungan di sekitar Anda.

Comments

comments