Kenali 5 Hal ini Sebelum Melamar Kerja ke Astra

Kenali 5 Hal ini Sebelum Melamar Kerja ke Astra

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo

Siapa yang tak kenal nama Astra International? Selama 60 tahun eksistensinya, perusahaan ini dipandang bergengsi di kalangan masyarakat, tak terkecuali di mata para pencari kerja.

Hingga kini Astra International (Astra) telah memiliki 7 segmen usaha. Di antaranya, otomotif, jasa keuangan, alat berat, pertambangan dan energi, agribisnis, infrastruktur, logistik, teknologi informasi, serta properti. Melalui produk-produknya, ragam bisnis Astra mampu memasuki berbagai aspek kehidupan masyarakat. Tak heran jika bisa berkarier di perusahaan ini menjadi idaman banyak orang.

Meski begitu, sebelum Anda memutuskan untuk melamar kerja dan berkarier di Astra, ketahui dulu lima hal yang menjadikan perusahaan ini incaran para pencari kerja:

  1. Budaya kerja

Selain besarnya nama perusahaan, budaya kerja juga menjadi aspek penting yang dipertimbangkan oleh pencari kerja. Budaya yang baik dan mendukung akan memengaruhi kinerja dan loyalitas karyawan di suatu perusahaan.

Menurut pengakuan karyawannya, Astra International tenyata memiliki budaya kerja yang sangat teratur, dinamis, dan sistematis, namun tidak kaku. Jika Anda kunjungi halaman Astra di situs Jobplanet, penilaian kepuasan karyawan terhadap budaya kerja di perusahaan ini paling tinggi dibandingkan faktor-faktor lain.

“Memiliki budaya kerja yang sangat teratur dengan sistem yang jelas. Salah satu tempat paling baik di skala perusahaan swasta sebagai tempat untuk menempa skills dan meningkatkan value diri.”- Karyawan HR/Admin

“Budaya perusahaan yang dinamis, sistematis, suasana santai dan tidak kaku, banyak acara yang bermanfaat untuk pengembangan karyawan/pemagang, makan siang dan parkir gratis.”- Mantan karyawan Media / Public Relations

  1. Gaji karyawan

Mendengar nama Astra, ekspektasi pelamar terhadap besar kompensasi yang diberikan perusahaan mungkin cukup tinggi. Pasalnya di Indonesia, Astra dikenal luas sebagai perusahaan besar nan mapan. Nah, rupanya untuk urusan gaji Astra memberikan angka yang cukup bersaing untuk setiap levelnya.

 

Kenali 5 Hal ini Sebelum Melamar Kerja ke Astra

Kenali 5 Hal ini Sebelum Melamar Kerja ke Astra

Anda penasaran berapa rata-rata gaji karyawan Astra untuk posisi lainnya? Anda bisa cek daftar gaji selengkapnya di sini.

  1. Benefit lainnya

Benefit yang ditawarkan oleh Astra untuk karyawannya terbilang cukup lengkap. Tampaknya kesejahteraan karyawan yang merupakan aset penting perusahaan menjadi salah satu perhatian utama Astra. Hal ini terbukti dari review yang ditulis oleh beberapa karyawannya berikut ini:

“Peusahaan ini sangat mengutamakan kesejahteraan karyawan. Tunjangan kesehatan dan tunjangan lainnya lengkap, gaji setiap tahunnya naik dan sistem demokrasinya baik.”- Karyawan Finance/Akunting

“Perusahaan ini memberikan fasilitas yang cukup lengkap, dari tunjangan hari tua, asuransi, komisi, uang makan, dan transport.” – Karyawan Marketing

Apakah benefit yang Anda harapkan tidak disebutkan di atas? Coba cari tahu dulu di sini, siapa tahu masih banyak keuntungan lain sebagai karyawan Astra yang belum Anda ketahui.

  1. Seleksi masuk karyawan

Sebelum Anda menjadi bagian dari Astra International, tentunya Anda harus melewati tahap-tahap seleksi yang cukup panjang dan ketat.  Mulai dari menyerahkan CV dan application letter, tes online, psikotes, FGD (Focus Group Discussion) khusus untuk calon karyawan MT (Management Trainee), wawancara HRD dan user, hingga medical check up. Jangan lupa juga bahwa jumlah saingan Anda tidak sedikit!

  1. Interview

Guna mendapatkan talenta-talenta yang berkualitas, tentunya Astra tak akan sembarangan menyaring calon karyawannya. Dalam proses interview, selain menanyakan pertanyaan yang umum seputar CV dan pengalaman kerja, perusahaan juga menantang para kandidat dengan pertayaan-pertanyaan tak terduga.

Beberapa pertanyaan di bawah ini mungkin dapat menjadi referensi Anda dalam mempersiapkan diri menghadapi interview di Astra.

“Apakah Anda bersedia ditempatkan di luar kota? Apakah Anda bersedia menjadi presenter? Apakah Anda bersedia bernyanyi di hadapan saya?” – Kandidat Staf HR/Admin: Lulus

“Jika perusahaan menghadapi masa-masa sulit atau sedang agak bangkrut, apakah kamu mau terus bertahan di perusahaan ini atau mau pindah?” – Kandidat Manager IT/Internet: Lulus

Meski kedengarannya unik, namun pertanyaan-pertanyaan di atas sering kali merupakan strategi jebakan perusahaan untuk mengenal kepribadian atau cara berpikir kandidat. Jadi, selalu persiapkan diri Anda terhadap kemungkinan menerima jenis pertanyaan tersebut.

Setelah mengetahui kelima hal di atas, apakah Anda semakin tertarik menjadi bagian dari Astra International? Agar persiapan Anda lebih matang, simak informasi mengenai proses seleksi Astra berikut kisi-kisi wawancara lengkapnya di Jobplanet!

Comments

comments