Kapan Waktu yang Tepat untuk Melamar Kembali ke Perusahaan yang Pernah Menolak Saya?

Anda sedang menghadapi masalah pekerjaan dan punya pertanyaan seputar karier dan dunia kerja? Kirimkan pertanyaan Anda melalui email tanya@jobplanet.com dan dapatkan solusinya dari ahli dan praktisi HR berpengalaman di Jobplanet. Mari raih karier yang lebih baik bersama Jobplanet!


 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Pertanyaan:

Dear Jobplanet,

Waktu lulus kuliah saya pernah melamar ke sebuah startup aplikasi, namun setelah menjalani psikotes dan wawancara, saya tidak pernah dapat kabar apa-apa lagi, yang bisa disimpulkan artinya saya tidak lolos.

Setelah sebulan berlalu akhirnya saya bekerja di perusahaan tempat magang saya dulu. Saya pikir, ini lebih baik daripada menganggur. Tapi sebenarnya saya tidak sepenuh hati berada di perusahaan ini, karena saya masih bercita-cita untuk kerja di startup yang katanya lebih seru.

Apakah tepat jika setelah lolos probation nanti saya langsung melamar kembali ke perusahaan tersebut? Sebenarnya, kapan waktu yang tepat untuk melamar kembali ke perusahaan yang pernah menolak saya?

 

 

Jawaban:

Kapan waktu yang tepat untuk melamar kembali ke perusahaan yang pernah menolak Anda? Jawabannya sederhana, cobalah melamar kembali ke perusahaan tersebut ketika Anda sudah memiliki skill yang jauh lebih mumpuni sesuai dengan apa yang mereka butuhkan.

Apakah setelah lolos probation di perusahaan tempat bekerja saat ini Anda sudah memiliki skill yang jauh lebih mumpuni dibandingkan beberapa bulan sebelumnya ketika Anda melamar pertama kali?

Saya rasa selang waktu beberapa bulan tidak akan cukup untuk membuat pihak perusahaan yakin bahwa kualifikasi Anda sudah jauh berkembang dibandingkan ketika mereka mewawancarai Anda pertama kali.

Jadi saran saya, upayakan semaksimal mungkin untuk mengembangkan kompetensi atau kualifikasi diri Anda dulu sebelum berpikir untuk pindah. Perusahaan manapun tidak akan mau mempekerjakan calon karyawan yang dinilai tidak mampu memberikan nilai tambah serta solusi bagi perkembangan bisnis mereka.

Ketika sudah berhasil mengembangkan kompetensi atau kualifikasi diri, yakinlah bahwa Anda sudah tidak perlu lagi mencari-cari pekerjaan, karena tawaran kerja yang justru akan bertubi-tubi datang mengejar Anda.


Tentang Haryo Utomo Suryosumarto

Founder & Managing Director PT Headhunter Indonesia, perusahaan executive search yang mulai berdiri sejak Mei 2009. Lulusan S-1 di Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada dan S-2 di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini menggabungkan pengetahuan praktis dan pengalaman profesionalnya di dunia HR selama lebih dari 16 tahun terakhir, untuk memberikan pencerahan berupa tips pengembangan karier melalui berbagai artikel serta workshop/seminar di kampus ataupun lingkungan korporasi.

Comments

comments