Jobplanet Merilis Daftar Perusahaan Penunjang Sektor Pariwisata, yang Paling Banyak Mendapatkan Review dan Menarik Perhatian Para Pencari Kerja

PT Garuda Indonesia Tbk, PT Kereta Api Indonesia (Persero), dan PT Lion Mentari Airlines menempati posisi-posisi teratas dalam kedua daftar tersebut.

Jakarta, 18 Januari 2016 – Tahun 2016 menjadi tahun yang sangat penting, sekaligus menghadirkan tantangan yang lebih besar bagi pasar tenaga kerja di Indonesia. Dengan mulai diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), persaingan tenaga kerja akan semakin ketat. Meski demikian, kesempatan serta peluang juga akan terbuka lebih lebar bagi mereka yang telah siap menghadapinya.

Ada delapan bidang profesi yang disepakati oleh pemerintah untuk memasuki lalu lintas pasar tenaga kerja dalam MEA, yakni insinyur, arsitek, akuntan, land surveyor, dokter gigi, perawat, guru, dan pekerja pariwisata. Seperti dikutip dari Antaranews.com, dari kedelapan bidang profesi tersebut, pemerintah mengakui bahwa tenaga kerja di sektor pariwisata dinilai sebagai yang paling siap menghadapi MEA dari segi kualitas dan kuantitas.

Terkait dengan potensi industri pariwisata, Jobplanet (Jobplanet.com) merilis daftar sepuluh perusahaan penunjang sektor pariwisata yang paling banyak mendapatkan review di Jobplanet, serta daftar sepuluh perusahaan penunjang sektor pariwisata yang paling banyak menarik perhatian para pengguna Jobplanet di Indonesia.

Kedua daftar tersebut disusun berdasarkan analisis terhadap data berbagai perusahaan yang terkait dengan industri pariwisata, termasuk perusahaan transportasi penunjang pariwisata, perusahaan perhotelan, serta perusahaan jasa perjalanan wisata yang terdapat dalam database Jobplanet. Berikut detail mengenai daftar-daftar tersebut:

Perusahaan Pariwisata

Sepuluh perusahaan penunjang sektor pariwisata yang paling banyak mendapatkan review di Jobplanet:

  1. PT Garuda Indonesia Tbk (9,60%)
  2. PT Kereta Api Indonesia (Persero) (6,16%)
  3. PT Lion Mentari Airlines (5,71%)
  4. PT Blue Bird Tbk (1,89%)
  5. PT Aston International (1,85%)
  6. PT Express Transindo Utama (1,36%)
  7. PT Indonesia AirAsia (1,17%)
  8. PT Sriwijaya Air (1,10%)
  9. Hotel JW Marriott (1,02%)
  10. PT Grahawita Santika atau Santika Hotel & Resorts (0,95%)

Daftar di atas disusun berdasarkan jumlah review terbanyak yang diberikan oleh para karyawan dan mantan karyawan dari 871 perusahaan yang terkait dengan industri pariwisata. Total jumlah review dari seluruh perusahaan tersebut per akhir Desember 2015 adalah sebanyak 2.645, yang terdiri dari review perusahaan, informasi gaji, dan kisi-kisi pertanyaan wawancara kerja.

“Jobplanet memahami tantangan yang dihadapi oleh para pencari kerja di Indonesia, terlebih lagi dengan diberlakukannya MEA. Kami berharap daftar yang kami rilis ini dapat bermanfaat bagi para pengguna Jobplanet serta para pencari kerja dan pekerja di sektor pariwisata yang ingin meningkatkan karier mereka,” ungkap Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia.

“Sebagai platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan, kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanan kami dengan menyajikan informasi yang kredibel dan terpercaya, serta menyediakan lebih banyak lagi informasi sebagai referensi utama bagi para pencari kerja di Indonesia,” Kemas menambahkan.

Perusahaan Pariwisata

Sepuluh perusahaan penunjang sektor pariwisata yang paling menarik perhatian pencari kerja dan pengguna Jobplanet di Indonesia:

  1. PT Garuda Indonesia Tbk (36,00%)
  2. PT Kereta Api Indonesia (Persero) (16,78%)
  3. Holland America Line (8,22%)
  4. PT Lion Mentari Airlines (5,89%)
  5. Hotel JW Marriott (3,28%)
  6. PT Aston International (2,57%)
  7. PT Blue Bird Tbk (2,54%)
  8. PT Sriwijaya Air (1,92%)
  9. PT Indonesia AirAsia (1,79%)
  10. Hotel Mulia Senayan Jakarta (1,46%)

Daftar tersebut disusun berdasarkan jumlah pageviews atau kunjungan ke laman-laman berisi profil dan review perusahaan-perusahaan yang terkait dengan industri pariwisata di Jobplanet, selama bulan November hingga Desember 2015. Jobplanet mencatat total kunjungan ke laman berisi profil dan review dari sepuluh perusahaan di atas mencapai sekitar 60.000 pageviews selama dua bulan terakhir di tahun 2015.

Jobplanet juga menemukan semakin banyak orang tertarik untuk bekerja di kapal pesiar. Hal ini terbukti dari banyaknya pengguna yang mengakses informasi mengenai Holland America Line, salah satu perusahaan kapal pesiar terkemuka, di website Jobplanet.

“Jumlah kunjungan ke laman suatu perusahaan menunjukkan tingkat ketertarikan pengguna kami, yang juga merupakan para pencari kerja, terhadap perusahaan tersebut. Dari daftar di atas dapat dilihat bahwa di sektor pariwisata, perusahaan yang paling banyak menarik perhatian pencari kerja adalah perusahaan-perusahaan yang bergerak dalam jasa transportasi, baik transportasi udara, darat, maupun laut. Selain itu, cukup banyak pula pengguna yang tertarik dengan perusahaan perhotelan, khususnya jaringan hotel berbintang,” papar Kemas.

Jobplanet menampilkan review tentang budaya dan suasana kerja di perusahaan, informasi gaji, serta kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara kerja. Sejak mulai beroperasi di Indonesia pada bulan Agustus 2015 hingga awal Januari 2016, komunitas ini telah memiliki lebih dari 250.000 pengguna dan telah mengumpulkan lebih dari 115.000 review dalam database-nya, yang terdiri dari review mengenai perusahaan, informasi gaji, serta kisi-kisi pertanyaan wawancara. Selain itu, sekitar 26.000 perusahaan telah terdaftar dalam database Jobplanet.

– SELESAI –

Tentang Jobplanet

Jobplanet merupakan platform komunitas online untuk berbagi informasi seputar dunia kerja dan perusahaan. Jobplanet menyajikan beragam review dan informasi dunia kerja dari segala sisi, seperti review mengenai kondisi dan budaya perusahaan, informasi gaji, serta kisi-kisi pertanyaan dalam wawancara kerja.

Comments

comments