Jobplanet Goes to Campus: Universitas Satya Negara Indonesia (USNI) Jakarta

peserta seminar Jobplanet

Para mahasiswa yang antusias ingin mengikuti seminar tentang kiat-kiat mendapatkan pekerjaan pertama.

Semakin banyaknya jumlah lulusan perguruan tinggi yang tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia, menambah masalah tenaga kerja dan pengangguran di Indonesia. Hal inilah yang menjadi alasan Jobplanet hadir di Indonesia dengan salah satu misinya, untuk membantu para pencari kerja mempersiapkan dan menggapai karier terbaik mereka.

Sejalan dengan misi tersebut, Jobplanet bekerja sama dengan berbagai lembaga pendidikan untuk menggelar seminar dan berbagi informasi yang bermanfaat bagi para mahasiswa yang akan segera lulus dan menyandang gelar “fresh graduate”. Salah satu lembaga pendidikan yang bekerja sama dengan Jobplanet adalah Universitas Satya Negara Indonesia (USNI).

Pada Kamis, 9 Juni 2016 lalu, Jobplanet datang ke Kampus USNI di Kebayoran Lama, Jakarta untuk berbagi informasi dan kiat-kiat mendapatkan pekerjaan pertama kepada para mahasiswa di sana.

Di luar dugaan, jumlah peserta yang mengikuti seminar dari Jobplanet kali ini sangat banyak. Selain 100 mahasiswa yang sebelumnya telah mendaftarkan diri untuk mendengarkan sharing dari Jobplanet, masih ada sekitar 70 mahasiswa lain yang hadir dan mendaftar langsung sebelum kegiatan berlangsung.

Kelebihan mencari kerja lewat internet

Dalam seminar tersebut, Jobplanet yang diwakili oleh Bapak Kemas Antonius, Chief Product Officer sekaligus Country Manager Jobplanet di Indonesia, memaparkan beberapa kelebihan mencari kerja melalui internet, dibandingkan dengan melalui media-media lainnya. Beberapa hal tersebut antara lain:

  1. Ada ribuan lowongan kerja untuk beragam posisi di berbagai perusahaan yang bisa ditemukan melalui Internet
  2. Informasi lowongan kerja di Internet lebih update dan diperbarui setiap hari.
  3. Mencari kerja melalui Internet bisa dilakukan secara gratis, kapan saja, dan dari mana saja. Bandingkan dengan mencari kerja melalui job fair, di mana pencari kerja perlu mengeluarkan biaya untuk mengikuti kegiatan dan membutuhkan banyak waktu dan tenaga untuk menuju ke lokasi job fair.

Pertanyaan-pertanyaan menarik

Sebagai informasi, cukup banyak di antara para peserta seminar kali ini yang bekerja sambil kuliah. Beberapa dari mereka melontarkan pertanyaan menarik berdasarkan pengalaman mereka. Berikut ini beberapa pertanyaan dari peserta (T) berikut dengan jawaban yang diberikan oleh Jobplanet (J).

T: Bagaimana cara mengatasi gugup saat wawancara?

J: Cara terbaik untuk mengatasi rasa gugup saat wawancara adalah dengan berlatih dan mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Biasanya orang merasa gugup karena ia kurang persiapan. Bayangkan saja wawancara kerja seperti ujian. Tentunya mahasiswa akan merasa percaya diri dalam menghadapi ujian jika mereka sudah menguasai materi dan sudah belajar.

Untuk mempersiapkan diri menghadapi wawancara, kamu bisa mencari kisi-kisi pertanyaan wawancara kerja di berbagai perusahaan. Informasi tersebut dapat ditemukan di Jobplanet.com.

Sedikit tips dari Jobplanet, ada baiknya ketika wawancara kamu fokus pada pengalaman dan kemampuan yang kamu miliki. Jangan terlalu banyak membuka kelemahan kamu. Alih-alih, tutup kelemahan tersebut dengan kelebihan yang kamu miliki.

T: Bagi mahasiswa yang belum bekerja, mana yang sebaiknya dicari: soft skill tanpa IPK tinggi, atau sebaliknya? Dan, bagaimana cara agar fresh graduate dengan IPK pas-pasan bisa cepat mendapatkan pekerjaan?

J: Setiap orang pasti memiliki kelebihan masing-masing. Biasanya, kebanyakan orang yang memiliki IPK tinggi adalah ‘kutu buku’ yang introvert dan susah bergaul. Sebaliknya, kebanyakan orang dengan IPK biasa adalah orang yang cheerful, terbuka, mudah bergaul, dan punya banyak teman.

Menurut survei, kebanyakan orang yang sukses adalah tipe orang kedua, yang memiliki kemampuan sosial dan soft skill yang baik. Pasalnya, dunia kerja tak melulu fokus pada kemampuan analitis atau teknis. Dunia kerja juga membutuhkan orang yang bisa berkomunikasi dengan baik dan mampu merangkul orang lain.

Oleh karena itu, Jobplanet menyarankan agar selama kuliah, para mahasiswa banyak menjalin pertemanan serta aktif dalam berbagai kegiatan sosial dan kegiatan kampus. Networking akan sangat bermanfaat dan akan menunjang perkembangan karier setiap orang.

Jadi, tipe karyawan seperti apa yang lebih dicari oleh perusahaan? Jika harus memilih, perusahaan tentunya akan memilih karyawan yang tekun, mau belajar, dan memiliki soft skill yang baik.

tips mendapatkan pekerjaan pertama

Kemas Antonius, Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, memaparkan kiat-kiat mendapatkan pekerjaan kepada para mahasiswa USNI.

 

pemenang doorprise dari Jobplanet

Inilah empat peserta yang memberikan pertanyaan paling menarik.

Comments

comments