Jobplanet Goes To Campus: STIE Ahmad Dahlan

Dalam rangka mempersiapkan calon lulusan baru untuk menghadapi persaingan di dunia kerja, Jobplanet kembali mengadakan kegiatan Jobplanet Goes To Campus. Kali ini, Jobplanet mendapat kehormatan untuk mengisi seminar pembekalan bagi para calon wisudawan dan wisudawati Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ahmad Dahlan (STIEAD) pada hari Sabtu, 13 Mei 2017.

Berlangsung di Kampus STIEAD, Ciputat, Tangerang Selatan, seminar ini dihadiri oleh sekitar 200 peserta tingkat D-3, S-1, dan S-2. Selain Jobplanet, ada dua pembicara lain yang mengisi sesi berbeda, yakni Ir. Muchlis Bahrainy (Direktur Utama PT Pachira Distrinusa) yang memberi pembekalan tentang entrepreneurship, serta Taufiq Effendi (Dosen Universitas Gunadarma) yang membawakan seminar motivasi.

STIE Ahmad Dahlan

Kemas Antonius, Chief Product Officer dan Country Manager Jobplanet Indonesia,

memaparkan tips dan trik mencari pekerjaan setelah lulus kuliah.

Jobplanet, diwakili oleh Bapak Kemas Antonius, Chief Product Officer sekaligus Country Manager Jobplanet di Indonesia, mengisi sesi ketiga. Topik yang dipresentasikan adalah mengenai persiapan mendapatkan pekerjaan pertama. Tak ingin membuat topik ini terdengar menakutkan, Pak Kemas pun menggambarkan proses pencarian kerja layaknya upaya mencari pasangan. Berawal dari mata, lalu turun ke hati.

Suka atau tidak suka, pelamar harus berusaha tampil memukau untuk menarik hati perusahaan. Ibarat penampilan luar seseorang, CV menjadi hal pertama yang dilihat ketika perusahaan ketika merekrut karyawan. Karena itu, membuat CV yang mampu menjual keunikan diri sendiri menjadi tugas penting para pencari kerja. Pak Kemas pun menekankan pentingnya penggunaan Bahasa Inggris untuk memperindah CV.

Nah, kalau perusahaan sudah terpikat dengan CV pelamar, berarti mereka tinggal diyakinkan pada saat interview. Para calon wisudawan dan wisudawati STIEAD sebenarnya beruntung, karena kisi-kisi pertanyaan interview berbagai perusahaan sudah tersedia di Jobplanet, sehingga mereka punya panduan untuk menaklukkan interview yang sulit. Hal yang sama juga berlaku untuk negosiasi gaji.

Para peserta antusias mengajukan berbagai pertanyaan

 

 

Topik gaji memang cukup banyak mengundang pertanyaan, termasuk dari salah satu peserta seminar di STIEAD yang sudah memiliki pengalaman kerja, dan ingin menentukan kenaikan gaji di kantor baru. Pak Kemas pun membagikan strategi kenaikan 30% dari gaji saat ini.

“Tapi ingat, kenaikannya harus dihitung dari total gaji setahun, bukan sebulan,” ungkap Pak Kemas.

Berbagai pertanyaan menarik juga diajukan oleh para peserta lainnya. Namun, salah satu yang terpilih sebagai pertanyaan terbaik berasal dari seorang peserta yang ingin mengetahui kebenaran iklan-iklan lowongan kerja. Pasalnya, salah satu tantangan pencari kerja saat ini adalah banyaknya informasi hoax yang menyesatkan, sehingga membuat mereka salah pilih perusahaan.

Saran pertama dari Pak Kemas adalah memilih situs lowongan kerja terpercaya. Selain Jobplanet.com, Pak Kemas juga merekomendasikan situs Karir.comUrbanhire.com, dan Hiredtoday.com. Namun untuk memastikan, dia mengingatkan peserta agar tak lupa mengecek situs resmi perusahaan. “Perusahaan yang meminta bayaran kepada pelamar juga harus dihindari,” pesannya.

Dari seluruh peserta seminar yang bertanya, Pak Kemas melakukan voting untuk memilih tiga peserta dengan pertanyaan terbaik, yang berhak menerima merchandise menarik dari Jobplanet. Tak hanya mereka, Jobplanet pun membawa pulang buah tangan dari STIEAD berupa plakat penghargaan.

Semoga dengan berakhirnya seminar ini, para calon wisudawan dan wisudawati STIEAD semakin mantap dan percaya diri untuk memenangkan persaingan di pasar tenaga kerja.

STIE Ahmad Dahlan

Salah satu peserta yang menanyakan tips interview menerima merchandise dari Jobplanet

 

 

STIE Ahmad Dahlan

 

Penyerahan plakat sebagai bentuk apresiasi STIEAD kepada Jobplanet.


Tertarik mengikuti keseruan seminar dan mendapatkan informasi berharga seputar karier bersama Jobplanet? Jika kamu ingin mengundang Jobplanet ke kampusmu, silakan kirimkan e-mail dengan subjek Undangan Seminar ke [email protected] atau hubungi Widya Sulistiani di nomor telepon +6221 576 1013.

Comments

comments