Jobplanet Career Talk #3: Kiat Sukses Negosiasi Gaji

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Gaji merupakan hal yang krusial bagi karyawan dan pencari kerja. Besar kecilnya gaji tergantung pada sejauh mana kontribusi karyawan terhadap perusahaan. Negosiasi gaji umumnya dilakukan pada saat proses interview. Namun, tidak jarang pula karyawan yang tengah bekerja meminta kenaikan gaji kepada perusahaan tempat ia bekerja. Meski begitu, pada kenyataannya, masih banyak karyawan ataupun pencari kerja yang belum memahami cara yang tepat untuk melakukan negosiasi gaji.

 

Jobplanet Career Talk #3: Kiat Sukses Negosiasi Gaji

Pengenalan Jobplanet oleh Pak Kemas Antonius

 

Hal itulah yang membuat Jobplanet tertarik untuk mengangkat topik mengenai negosiasi gaji dalam Jobplanet Career Talk #3 yang diadakan pada Kamis, 24 Agustus 2017 lalu di kantor Jobplanet di bilangan Mega Kuningan, Jakarta Selatan.

Jobplanet Career Talk merupakan acara bincang komunitas yang rutin diadakan setiap bulan oleh Jobplanet. Dalam acara yang diadakan untuk ketiga kalinya itu, Jobplanet mengupas topik tentang gaji yang terbilang “seksi” di mata para karyawan dan pencari kerja, bersama dengan pakar HR (human resource) Jobplanet, Haryo Utomo Suryosumarto atau yang akrab dipanggil Mas Haryo.

Seperti pada kegiatan sebelumnya, Jobplanet Career Talk #3: Kiat Sukses Negosiasi Gaji dibuka dengan sambutan singkat oleh moderator, yang dilanjutkan dengan pengenalan Jobplanet oleh Bapak Kemas Antonius selaku Chief Product Officer dan Country Manager Jobplanet Indonesia. Dalam kesempatan ini, Pak Kemas juga memperkenalkan fitur baru Jobplanet, yakni Forum Jobplanet untuk disediakan sebagai ajang diskusi para pengguna Jobplanet di Indonesia.

Pak Kemas juga menjelaskan peran Jobplanet sebagai one-stop portal yang menyediakan berbagai informasi seputar dunia kerja, seperti informasi lowongan kerja, review perusahaan, informasi gaji, serta kisi-kisi wawancara. Tentunya fitur informasi gaji di Jobplanet sendiri dapat menjadi acuan para karyawan dan pencari kerja dalam melakukan negosiasi gaji.

Usai Pak Kemas memperkenalkan Jobplanet kepada para peserta, acara pun dilanjutkan dengan sesi sharing dan diskusi mengenai kiat sukses negosiasi gaji oleh Mas Haryo. Mas Haryo yang merupakan Founder Headhunter Indonesia adalah pakar HRD yang sudah memiliki banyak pengalaman di bidang perekrutan. Ia juga mengasuh rubrik Ask the Expert di blog Jobplanet.

Dalam presentasinya, Mas Haryo menjelaskan tentang paket remunerasi yang harus diperhitungkan oleh kandidat sebelum mengajukan gaji yang diharapkan. Ia mengelompokkan remunerasi menjadi dua bagian, yakni yang bersifat monetary dan non-monetary.

Remunerasi yang bersifat monetary, misalnya gaji pokok, tunjangan, dan bonus. Sementara remunerasi yang bersifat nonmonetary, misalnya laptop, kendaraan, rumah, asuransi, serta fasilitas lainnya yang diberikan perusahaan kepada karyawan bukan dalam bentuk uang.

Menurut Mas Haryo, sebelum melakukan negosiasi, kandidat harus memperhitungkan kedua hal tersebut. Ia juga menyarankan agar kandidat menjadikan penghasilannya dalam satu tahun—bukan satu bulan—sebagai acuan dari nilai gaji yang akan ia ajukan di perusahaan yang baru.

 

Jobplanet Career Talk #3: Kiat Sukses Negosiasi Gaji

Mas Haryo menjelaskan kiat sukses negosiasi gaji

 

Selain itu, Mas Haryo juga memaparkan enam hal yang perlu diperhatikan oleh kandidat sebelum melakukan negosiasi gaji. Hal-hal tersebut adalah:

  1. Mencari tahu salary grade untuk setiap posisi di perusahaan
  2. Tidak membicarakan gaji di tahap awal wawancara, sebelum kandidat yakin diterima di perusahaan tersebut
  3. Menghitung penawaran remunerasi secara keseluruhan dalam satu tahun.
  4. Menghitung dengan saksama hak dan kewajiban yang timbul bersamaan dengan gaji yang akan diterima
  5. Melakukan riset sederhana untuk mengetahui standar gaji perusahaan
  6. Membuat rincian paket remunerasi yang saat ini diterima

Beberapa hal menarik lainnya yang disampaikan oleh Mas Haryo yakni, mengenai situasi dan kondisi yang sulit untuk melakukan negosiasi gaji, hal-hal yang memudahkan negosiasi gaji, serta kesalahan-kesalahan yang sering dilakukan oleh kandidat saat melakukan negosiasi gaji.

 

Jobplanet Career Talk #3: Kiat Sukses Negosiasi Gaji

Peserta antusias mendengarkan materi yang disampaikan

 

Gaya bicara Mas Haryo yang santai dan interaktif, membuat para peserta Jobplanet Career Talk #3 hanyut dalam sesi diskusi. Pertanyaan-pertanyaan yang dilemparkan oleh para peserta juga menyiratkan antusiasme mereka untuk lebih sukses dalam negosiasi gaji. Jelas ada banyak sekali pengetahuan yang dapat mereka bawa pulang dari diskusi ini.

Sebelum menutup acara, Mas Haryo memberikan beberapa pesan sebagai berikut:

  • Negosiasi gaji memiliki banyak skenario yang berbeda. Yang terpenting bukan pada apa yang kita katakan, tapi lebih pada bagaimana kita mengatakannya.
  • Pahami posisi kita sebelum dan selama proses negosiasi gaji. Sering terjadi negosiasi gaji gagal karena kita tidak melakukan persiapan matang serta kurang fleksibel.
  • Negosiasi gaji tidak melulu soal gaji, tunjangan, ataupun fasilitas. Tanyakan pada diri sendiri, apakah kita bisa membangun karier gemilang di perusahaan tersebut?

 

Jobplanet Career Talk #3: Kiat Sukses Negosiasi Gaji

Foto bersama dengan peserta Jobplanet Career Talk #3

 

Satu lagi! Jangan lupa untuk terus menyimak update terbaru di website dan seluruh    media sosial Jobplanet, dan nantikan informasi acara-acara seru berikutnya.
Nah
, jika Anda belum sempat menghadiri Jobplanet Career Talk #3: Kiat Sukses Negosiasi Gaji dan memiliki banyak pertanyaan, jangan khawatir! Anda bisa mengirimkan pertanyaan seputar karier dan dunia kerja kepada Jobplanet melalui email [email protected]. Jobplanet akan menampilkan jawabannya melalui rubrik Ask the Expert.

 

Facebook           : Jobplanet Indonesia

Twitter                : @JobplanetID

Instagram          : @jobplanet.indonesia

LinkedIn             : Jobplanet Indonesia

Comments

comments