Jobplanet Career Talk #1: Sukses Menghadapi Wawancara Kerja Pertama

Bagi orang-orang yang telah merasakan pengalaman bekerja, atau bahkan berpindah-pindah dari satu perusahaan ke perusahaan lain, menghadapi wawancara kerja seharusnya tak lagi menjadi persoalan. Namun, faktanya tidak sedikit dari mereka yang masih melihat wawancara kerja sebagai sebuah hal yang menakutkan. Nah, kalau yang sudah berpengalaman saja merasa demikian, apalagi mereka yang baru lulus kuliah.

Hal inilah yang mendorong Jobplanet untuk menyelenggarakan acara Jobplanet Career Talk perdana dengan judul “Sukses Menghadapi Wawancara Kerja Pertama”. Berhubung acara ini berlangsung di bulan puasa, tepatnya pada hari Kamis, 8 Juni 2017 lalu, maka Jobplanet sengaja mengemasnya dengan konsep diskusi santai tapi berbobot untuk mengisi waktu ngabuburit para peserta.

Bertempat di kantor Jobplanet di kawasan Mega Kuningan, Jakarta, acara ini disambut dengan hangat oleh para peserta yang kebanyakan merupakan mahasiswa tingkat akhir dan fresh graduate.

Sukses Menghadapi Wawancara Kerja Pertama

Acara ini dibuka secara singkat oleh moderator, dilanjutkan dengan pengenalan Jobplanet oleh Kemas Antonius, Chief Product Officer & Country Manager Jobplanet Indonesia. Selain memperkenalkan Jobplanet sebagai one-stop portal yang menyediakan beragam informasi bagi para pencari kerja, termasuk informasi lowongan kerja, review perusahaan, informasi gaji, dan kisi-kisi wawancara; Pak Kemas juga menjelaskan bagaimana para peserta dapat memaksimalkan fitur-fitur yang tersedia di website maupun aplikasi mobile Jobplanet guna memilih perusahaan terbaik untuk menunjang karier mereka.

Selanjutnya, sesi yang ditunggu-tunggu pun tiba. Haryo Suryosumarto, Founder Headhunter Indonesia, yang juga merupakan pakar yang sudah cukup lama bergelut di bidang perekrutan, hadir sebagai pembicara. Dalam presentasinya, pria yang akrab disapa Mas Haryo ini berusaha untuk mengubah persepsi para peserta bahwa sebenarnya wawancara kerja itu hal yang asyik. Dalam kesempatan tersebut, Mas Haryo juga memberikan tips bagaimana menulis CV yang baik, hingga hal-hal apa yang sebaiknya dilakukan oleh pelamar setelah wawancara kerja.

Dari seluruh komponen wawancara kerja yang diulas sepanjang acara, ada satu hal menarik yang digarisbawahi oleh Mas Haryo, yakni bahwa wawancara kerja merupakan eksplorasi dua arah. Jadi, ketika diberi kesempatan bertanya oleh pewawancara, gunakanlah kesempatan itu dengan baik untuk mengenal perusahaan lebih dalam.

Meski begitu, Mas Haryo mengingatkan agar pelamar tak hanya fokus pada apa yang akan dia dapatkan dari perusahaan saja, melainkan juga pada apa kontribusi yang bisa dia berikan bagi perusahaan. “It’s not about you,” begitu kata Mas Haryo. Itu sebabnya pertanyaan terkait berapa gaji yang akan diberikan perusahaan, pantang diajukan.

Memasuki waktu berbuka puasa, acara Jobplanet Career Talk semakin meriah. Sambil menyantap hidangan takjil, para peserta antusias melemparkan berbagai pertanyaan terkait wawancara kerja. Salah satu pertanyaan yang menarik dari peserta adalah tentang bagaimana cara menolak tawaran HRD untuk menempatkan pelamar di divisi yang berbeda dari yang dilamarnya.

Mas Haryo pun menyarankan peserta tersebut untuk merespons pertanyaannya dengan kritis, yakni dengan menanyakan apa alasan di balik penawaran HRD tersebut.

Saran serupa diberikan oleh Mas Haryo ketika menanggapi pertanyaan mengenai cara menghadapi wawancara berupa case study (studi kasus). Dia menyinggung sifat kebanyakan pelamar yang malu bertanya, sehingga memberikan jawaban dengan terburu-buru.

Mas Haryo menganjurkan pelamar untuk memastikan dirinya sudah mengetahui dengan jelas semua fakta mengenai kasus yang diberikan dalam wawancara. Jika kurang paham, pelamar dapat bertanya kepada perekrut. Dengan begitu, bayangan mengenai kasus yang ditanyakan pewawancara jadi lebih jelas, dan pelamar pun lebih mudah untuk menjawabnya.

Setelah sesi tanya jawab selesai, acara Jobplanet Career Talk pun diakhiri dengan pembagian suvenir bagi para pemberi pertanyaan, diikuti dengan kegiatan berfoto bersama.

Sukses Menghadapi Wawancara Kerja Pertama

Nah, mengingat masih banyak pertanyaan sekaligus keresahan yang dirasakan oleh pencari kerja, Jobplanet memberi kesempatan bagi para peserta dan juga pembaca setia blog Jobplanet untuk mengirimkan pertanyaan seputar karier dan dunia kerja ke email [email protected]. Pertanyaan-pertanyaan tersebut akan dijawab melalui rubrik Ask the Expert.

Jika Anda melewatkan Jobplanet Career Talk #1: Sukses Menghadapi Wawancara Kerja Pertama, jangan berkecil hati! Simak terus update terbaru di website dan seluruh media sosial Jobplanet, dan nantikan informasi acara-acara seru berikutnya.

Facebook           : Jobplanet Indonesia

Twitter                : @JobplanetID

Instagram          : @jobplanet.indonesia

LinkedIn             : Jobplanet Indonesia

Comments

comments