Hilangkan Kebiasaan Menunda Pekerjaan dengan 5 Langkah Ini

kebiasaan menunda pekerjaan

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Kebiasaan menunda pekerjaan bisa menurunkan produktivitas kerja hingga akhirnya menghambat kesuksesan seseorang. Kebiasaan ini tidak boleh dibiarkan karena dampaknya tidak hanya merugikan diri sendiri tapi juga orang lain. Nah, di bawah ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menangani kebiasaan tersebut.

1. Singkirkan hal-hal yang mengganggu konsentrasi

Cari tahu apa saja hal yang kerap menunda Anda menuntaskan pekerjaan. Ponsel, misalnya. Saat memasuki jam kerja, atur ponsel Anda dalam mode silent dan simpan di dalam tas. Membiarkan ponsel di atas meja hanya akan mengganggu konsentrasi Anda.

2. Ingatkan diri sendiri

Tanamkan dalam pikiran bahwa jika ada satu pekerjaan yang Anda tunda, maka pekerjaan-pekerjaan yang datang berikutnya juga akan ikut tertunda. Jika ingat akan hal ini, Anda tentu akan lebih memilih untuk segera menyelesaikan pekerjaan yang ada sekarang, daripada nantinya dibebani oleh pekerjaan yang menumpuk.

3. Buat to-do-list

Mulailah membiasakan diri membuat to-do-list. Anda bisa menulisnya di sticky note berwarna, kemudian tempelkan di area paling terlihat di meja Anda. Tetapkan juga deadline untuk diri sendiri, yakni satu atau dua hari sebelum deadline yang diberikan atasan.

4. Berkomunikasi dengan rekan kerja dan atasan

Biarkan rekan kerja atau atasan Anda mengetahui apa yang Anda kerjakan dan kapan deadline Anda. Hal ini memang dapat menambah pressure, namun sisi baiknya Anda jadi lebih termotivasi untuk menuntaskan pekerjaan. Selain itu, keuntungan lain jika atasan tahu apa yang menjadi kesibukan dan prioritas Anda, ia dapat saja mendelegasikan tugas lainnya kepada orang lain.

5. Memberikan self-reward

Jangan ragu untuk mengiming-iming diri Anda dengan sebuah reward. Misalnya, makan di restoran favorit seusai jam kerja. Dengan membayangkan hasil akhir serta reward yang akan didapat, Anda bisa lebih bersemangat untuk segera menyelesaikan pekerjaan.

Kebiasaan menunda pekerjaan terkadang disebabkan oleh lingkungan kerja Anda. Budaya kantor yang terlalu santai tidak jarang malah merugikan karyawan itu sendiri. Seperti halnya yang dialami karyawan berikut:

kebiasaan menunda pekerjaan

Untuk menghindari jenis perusahaan seperti di atas, baca dulu review perusahaan yang Anda tuju di Jobplanet sebelum mengirimkan lamaran. Ingat, salah pilih perusahaan bisa berakibat fatal bagi karier Anda.

Semoga membantu!

Comments

comments