Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memanfaatkan Fasilitas Kantor

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memanfaatkan Fasilitas Kantor

 Artikel ini juga dapat dibaca di  beritagar-logo.

Salah satu keuntungan menjadi karyawan kantoran adalah, bisa menikmati fasilitas-fasilitas yang telah disediakan perusahaan untuk menunjang pekerjaan. Akan tetapi, keuntungan ini sering kali disalahgunakan oleh para karyawan, baik secara sadar maupun tidak. Padahal dalam memanfaatkan fasilitas tersebut ada etiket-etiket yang harus diperhatikan. Jika tidak, bisa fatal akibatnya!

Berikut beberapa fasilitas kantor yang sering disalahgunakan oleh karyawan:

1. Internet

Siapa sih yang tidak pernah mengisi waktu senggangnya di kantor dengan browsing Internet? Jawabannya mungkin nyaris tak ada. Namun, fasilitas ini harus Anda gunakan sebijak mungkin. Kurangilah kebiasaan streaming video untuk mencegah agar kelancaran koneksi Internet di kantor tidak terganggu. Selain itu, mencari info lowongan pekerjaan juga sebaiknya tidak dilakukan di kantor. Anda tentu tak mau tertangkap basah oleh Si Bos saat sedang mencari-cari pekerjaan baru, bukan? Hal itu tentu akan membuat suasana menjadi canggung.

2. Telepon

Dengan adanya telepon di dekat meja kerja bukan berarti Anda bisa seenaknya bergosip dengan rekan kerja di divisi lain, atau mengobrol dengan pacar secara grartis. Selain melanggar etiket, Anda juga harus tahu bahwa orang lain bisa diam-diam mendengarkan percakapan Anda, lho.

3. Laptop

Sering terpaksa membawa pulang pekerjaan? Tak masalah selama Anda tetap memperhatikan keseimbangan kehidupan pribadi. Tapi, hati-hati apabila harus membawa fasilitas kantor, seperti laptop. Jangan pula gunakan fasilitas tersebut untuk kegiatan di luar pekerjaan. Karena kalau sampai rusak, Anda bisa diminta mempertanggungjawabkannya, seperti testimoni seorang mantan karyawan perusahaan jasa berikut ini.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Memanfaatkan Fasilitas Kantor

4. Printer dan kertas

Perusahaan mungkin tidak mencantumkan larangan atau peringatan tertulis di atas printer kantor, tapi bukankah hal sesepele ini sudah semestinya Anda sadari? Untuk keperluan di luar pekerjaan, alangkah baiknya jika Anda menggunakan printer dan kertas kantor sewajarnya. ‘Meminjamnya’ sekali atau dua kali untuk hal-hal kecil mungkin tak masalah. Tapi, kalau sampai mencetak proposal side job atau ratusan halaman tesis S2 di kantor, Anda patut merasa malu.

5. Mobil

Sejumlah perusahaan biasanya memberikan benefit atau tunjangan transportasi untuk karyawannya. Bisa berupa voucher taksi, mobil antar jemput beserta sopir, atau bahkan pinjaman mobil dinas—yang biasanya menjadi privilege karyawan dengan jabatan tertentu.

Nah, fasilitas yang satu itu memang tampak menggiurkan, apalagi jika mobil dinas bebas dibawa pulang oleh karyawan. Meski demikian, aturan perusahaan mengenai penggunaan fasilitas kantor harus Anda perhatikan kembali. Biar bagaimanapun juga, mobil dinas merupakan aset perusahaan yang nilainya tidak sedikit. Sekalipun aturannya bersifat longgar, tidak lantas berarti Anda bebas menggunakannya untuk acara jalan-jalan pribadi atau malas merawatnya.

Penasaran dengan beragam fasilitas yang diberikan oleh berbagai perusahaan untuk para karyawannya? Anda bisa mendapatkan informasinya di Jobplanet.

Comments

comments